Jawa Pos

Dibekuk dengan Sembilan Paket SS

-

SURABAYA – Jalan bisnis yang ditekuni Dicky Kurniawan sebulan terakhir tidak patut ditiru. Demi meraih untung besar, pemuda 23 tahun tersebut memilih berdagang sabu-sabu (SS). Belum lama menikmati hasil usahanya, dia keburu merasakan dinginnya penjara.

Unit Reskrim Polsek Karang Pilang mencium aksi nakal Dicky. Informasi awal menyebutka­n bahwa Dicky kerap mengedarka­n barang daganganny­a itu di wilayah Karang Pilang. Dari informasi tersebut, polisi mengembang­kannya menjadi penyelidik­an.

Dicky ternyata menjajakan barang daganganny­a ke masyarakat umum. Pria asli Malang itu mengaku tidak memiliki target khusus untuk melakukan penjualan. Dia memakai asas yang penting laku. ’’Awalnya saya jual ke teman dekat. Kemudian, lewat mereka, saya promosikan barang dagangan saya,’’ tuturnya.

Dicky mendapatka­n pasokan barang haram tersebut dari salah satu kenalannya di Bangkalan, Madura. Dia menyebut namanya Erwin alias Nipo. Dicky selalu menyiapkan uang Rp 2 juta untuk sekali kulakan. Dengan uang itu, dia mendapatka­n 30 gram SS. Untuk meraih keuntungan, Dicky kemudian membaginya ke dalam paket-paket kecil. Satu plastik kecil yang dijajakan seberat 3,39 gram. ’’Saya jual Rp 350 ribu,’’ katanya sembari terus menunduk.

Dicky ditangkap di kosnya di Kupang Segunting, Tegalsari. Ketika diringkus, Dicky tidak bisa mengelak. Sebab, sejumlah barang bukti ditemukan di kosnya. Yakni, sembilan plastik berisi SS dengan berat masingmasi­ng 3,39 gram, sebuah handphone untuk bertransak­si, dan satu kartu ATM miliknya. ’’Biasanya, uangnya saya buat kebutuhan sehari-hari Pak. Saya nggak kerja,’’ paparnya.

Polisi langsung mengeler Dicky ke Mapolsek Karang Pilang. Dia mengakui semua perbuatann­ya. Saat ini polisi berfokus mengejar Nipo. Orang yang menjadi induk peredaran narkoba Dicky. ’’Kami masih belum mendapat informasi,’’ tutur Kanitreskr­im Polsek Karang Pilang Iptu Marji wibowo.

Penelusura­n masih belum berhenti. Marji mengatakan, anggotanya masih tersebar di Madura untuk melakukan pencarian. Dia berjanji meringkus Nipo secepatnya. ’’Pasti kami tangkap untuk mencegah peredaran narkoba sampai ke generasi selanjutny­a,’’ tegas perwira dengan satu balok di pundak tersebut.

 ??  ??
 ?? POLSEK KARANG PILANG FOR JAWA POS ?? LESU: Tersangka Dicky Kurniawan saat menjalani pemeriksaa­n di Mapolsek Karang Pilang kemarin.
POLSEK KARANG PILANG FOR JAWA POS LESU: Tersangka Dicky Kurniawan saat menjalani pemeriksaa­n di Mapolsek Karang Pilang kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia