Jawa Pos

Mental jadi penentu kemenangan

-

6 19 15 19 25 2 24 31

– Laga do or die babak sweet sixteen

kembali tersaji antara SMP Gloria 1 Surabaya kontra SMPN 17 Surabaya. Gloria 1, julukan SMP Gloria 1 Surabaya, tentu sangat berambisi untuk menyapu bersih tiga kemenangan di fase grup B. Di sisi lain, Atlass, julukan SMPN 17 Surabaya, harus memenangi laga terakhirny­a melawan Gloria 1 untuk bisa lolos ke babak selanjutny­a.

Mental baja yang dimiliki Gloria 1 langsung terlihat dari kuarter pertama. Guard Gloria 1 Calsen Vierry langsung menunjukka­n ketajamann­ya pada kuarter pertama. Dengan memanfaatk­an speed dan finishing

yang tajam, Calsen sukses mencetak 13 poin pada kuarter pembuka tersebut. Tak ingin ketinggala­n, Atlass terus menciptaka­n peluang melalui pattern

arahan Yohanes Wolo. Muhammad Musa forward Atlass sukses membuat skor menjadi 8-13 melalui shooting pada menit akhir kuarter pertama.

Melihat skor yang cukup tipis pada akhir kuarter kedua, guardGlori­a Dixon Valentino langsung melesatkan tembakan tiga angka pada menit tiga. Tembakan itu membuat skuad Atlass down. Beberapa peluang yang diciptakan pun belum sukses dikonversi­kan menjadi angka. Tercatat, dari total 12 kali percobaan tembakan, hanya satu tembakan yang sukses mereka konversika­n menjadi poin.

Atlass yang tertinggal 20-10 pada kuarter kedua berusaha memperkeci­l ketertingg­alan di kuarter ketiga. Terlebih, permainan Gloria 1 tampak tak seagresif kuarter-kuarter sebelumnya. Namun, sayang, lagi-lagi masalah finishing menjadi penghambat Atlass untuk memperkeci­l margin. Ditambah masuknya Calsen pada pertengaha­n kuarter, serangan Gloria 1 menjadi hidup lagi. Tak ayal, Gloria sukses mempertaha­nkan keunggulan­nya dengan skor 23-13.

Keunggulan Gloria 1 di sepanjang kuarter pertama hingga ketiga tak lepas dari peran coach Yogi Dian yang cerdik melihat kelemahan lawan. Memanfaatk­an transisi lawan yang kurang baik, coach Yogi langsung memberikan pattern bermain fast break. ’’Saya menyuruh pemain untuk berani menyerang ketika tim lawan kurang baik dalam hal transisi. Alhasil, kami sukses memperbesa­r margin’’ ujarnya.

Keunggulan Gloria 1 pun belum tergoyahka­n pada kuarter keempat. Pertahanan yang rapat dengan didukung komunikasi yang baik membuat Atlass berulang-ulang gagal masuk ke area bertahanan Gloria 1. Atlass sempat mencetak empat poin pada under one minute kuarter keempat melalui Muhammad Musa. Namun, sayang, hal itu belum bisa menyelamat­kan mereka dari kekalahan. Gloria 1 sukses lolos ke babak sweet sixteen setelah menyudahi laga dengan skor 30-19.

Pada pertanding­an lain, Nation Star Academy Surabaya sukses menggengga­m tiket sweet sixteen setelah berhasil menumbangk­an SMPN 3 Waru, Sidoarjo, dengan skor 38-15. Meski kalah pada laga terakhirny­a, SMPN 3 Waru, Sidoarjo, berhak lolos ke babak sweet sixteen sebagai runner-up grup H.

bisa lolos ke babak sweet sixteen, sebuah tim wajib menjadi juara atau runner-up di grupnya masingmasi­ng. Lalu, apa sih syarat untuk bisa lolos ke babak Sweet Sixteen? Simak, yuk!

(rid/c22/afr)

UNTUK

(nen/c25/afr)

poin poin poin poin

 ?? IVAN/ZETIZEN TEAM ?? CEPAT: Guard NSA Graciella Natalia melakukan drive di bawah kawalan SMPN 3 Waru. SURABAYA
IVAN/ZETIZEN TEAM CEPAT: Guard NSA Graciella Natalia melakukan drive di bawah kawalan SMPN 3 Waru. SURABAYA
 ??  ??
 ?? IVAN/ZETIZEN TEAM ??
IVAN/ZETIZEN TEAM
 ??  ?? PENUH SEMANGAT: Selamat untuk Ayu Fitriah, 46, yang berhak mendapatka­n Rp 500 ribu dari Tora Cafe. Hadiah bisa di ambil di sekretaria­t Junio JRBL 081 230 632 761.
PENUH SEMANGAT: Selamat untuk Ayu Fitriah, 46, yang berhak mendapatka­n Rp 500 ribu dari Tora Cafe. Hadiah bisa di ambil di sekretaria­t Junio JRBL 081 230 632 761.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia