Jawa Pos

Cek Kadar Merkuri Danau TTM

-

LANDAK – Lokasi wisata Tebing Teman Main (TTM) di Desa Mandor, Kecamatan Mandor, Kabupaten Landak, Kalbar, makin viral. Banyak orang yang mandi dan berenang di danau bekas pertambang­an emas tanpa izin (PETI) itu. Untuk memastikan kawasan tersebut aman, polisi berniat mengecek kandungan merkuri di danau itu.

”TTM merupakan kolam bekas galian PETI. Kami harus memastikan bahwa airnya tidak mengandung merkuri,” kata Kapolsek Mandor Iptu Anuar Syarifudin kemarin. Pihaknya juga sudah mengambil sampel air di danau tersebut untuk diperiksa kandungann­ya ke lembaga terkait.

Di luar masalah kandungan air, Kapolsek juga meminta masyarakat yang berkunjung selalu memperhati­kan keselamata­n. Sebab, banyak pengunjung yang nekat terjun dari tebing terjal menuju danau. ”Pastikan dulu tebingnya tidak rawan longsor. Pastikan juga tidak ada kayu bekas galian,” ucapnya.

Danau TTM menjadi viral lantaran hampir setiap hari ramai dikunjungi orang. Tidak hanya Minggu, di hari-hari lain pun banyak yang datang. Pemandanga­nnya bagus, khususnya sore hari. Banyak yang menggambar­kan lokasi itu seperti padang pasir luas yang ada airnya.

Kawasan TTM memang berupa kombinasi antara danau dan padang pasir. Itu terbentuk akibat adanya aktivitas PETI beberapa tahun silam. Airnya jernih sehingga banyak yang mandi dan serasa di pantai. Asyiknya lagi, pengunjung yang mandi bisa meloncat dari ketinggian ke dalam danau.

 ?? ANTONIUS/RAKYAT KALBAR/JPG ?? BEKAS TAMBANG: Lokasi wisata Tebing Teman Main (TTM) di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, ramai pengunjung setiap hari. Danau yang terbentuk dari bekas galian tambang emas menjadi sarana mandi dan berenang.
ANTONIUS/RAKYAT KALBAR/JPG BEKAS TAMBANG: Lokasi wisata Tebing Teman Main (TTM) di Kabupaten Landak, Kalimantan Barat, ramai pengunjung setiap hari. Danau yang terbentuk dari bekas galian tambang emas menjadi sarana mandi dan berenang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia