Jawa Pos

OCBC NISP Fokus Garap KPR

-

SURABAYA – Perbankan menggenjot kredit pemilikan rumah (KPR) pada tahun ini. Belum lama ini, OCBC NISP menurunkan suku bunga kredit untuk program fix tiga tahun.

Regional Head 9 OCBC NISP Jawa Timur, Bali, dan Nusra Jenny Hartanto mengatakan, potensi pembiayaan properti pada tahun ini diperkirak­an meningkat jika dibandingk­an dengan tahun lalu. Sejalan dengan banyaknya produk baru yang diluncurka­n pengembang, pembiayaan untuk perumahan primer bakal meningkat. ”Tahun ini jadi eranya rumah primer,” katanya kemarin (5/2).

Rumah yang dibiayai OCBC NISP mulai dari harga Rp 500 juta hingga miliaran rupiah. OCBC NISP sudah bekerja sama dengan pengembang besar di Surabaya sejak lama.

Region Head 8 OCBC NISP Surabaya dan Jatim Shirley menambahka­n, hampir sebagian besar pembiayaan KPR ditujukan untuk landed house atau rumah tapak. Sebab, untuk pembelian apartemen, kebanyakan difasilita­si pengembang dengan memberikan cicilan uang muka jangka panjang.

Namun, akhir-akhir ini OCBC NISP juga mulai membiayai apartemen. Diperkirak­an, ke depan permintaan terhadap kredit pemilikan apartemen meningkat.

Jenny menuturkan, saat ini small medium enterprise trading

(current account saving account/CASA). Saat ini komposisi dana murah sekitar 60–65 persen. ”Sejalan dengan pertumbuha­n, kami upayakan untuk pertahanka­n komposisi tersebut,” ujarnya.

Untuk itu, OCBC menyiapkan program tabungan baru untuk memperbesa­r dana pihak ketiga.

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? komposisi pembiayaan untuk KPR sekitar 30 persen. Sisanya, 70 persen, merupakan kredit ritel. Yakni, pembiayaan untuk
(SME). Sektor yang mendominas­i adalah
dan manufaktur. Selain itu, lanjut Jenny, tahun ini pihaknya juga berfokus untuk mengejar dana...
MUHAMAD ALI/JAWA POS komposisi pembiayaan untuk KPR sekitar 30 persen. Sisanya, 70 persen, merupakan kredit ritel. Yakni, pembiayaan untuk (SME). Sektor yang mendominas­i adalah dan manufaktur. Selain itu, lanjut Jenny, tahun ini pihaknya juga berfokus untuk mengejar dana...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia