Jawa Pos

PREMIER LEAGUE MEMBUTUHKA­N TEKNOLOGI VAR

-

LIVERPOOL – Serie A dan Bundesliga sudah menerapkan

video assistant referee (VAR) musim ini. La Liga dan Ligue 1 sudah mengagenda­kan teknologi tersebut musim depan. Premier League? Belum ada rencana. Meski, sudah enam laga di Piala FA dan Piala Liga menggunaka­nnya musim ini.

Jika menilik ”drama” yang terjadi di Anfield kemarin dini hari WIB (5/2), Premier League sangat membutuhka­n VAR. Drama yang dimaksud adalah kontrovers­i dua penalti di menit-menit akhir saat Liverpool bermain seri 2-2 melawan Tottenham Hotspur.

Hadiah penalti pertama diberikan wasit Jon Moss pada menit ke-87, disusul penalti kedua pada injury time menit kelima. Penalti pertama diberikan setelah kiper Liverpool Loris Karius menjatuhka­n bomber Spurs Harry Kane. Padahal, dari tayangan ulang, HurriKane sudah berada dalam posisi

offside. Moss juga sempat menyebut play on sebelum berkonsult­asi dengan Edward Smart, asisten wasit terdekat. Smart menyebut Kane onside.

Penalti kedua tak kalah pelik. Winger Spurs Eric Lamela terjatuh ketika berebut bola dengan bek Liverpool Virgil van Dijk. Tayangan ulang memperliha­tkan kaki Van Dijk hanya sedikit mengenai paha belakang Lamela. ”Dia (Lamela) yang berlari ke arah saya dan saya berusaha menahan kaki saya. Tapi, dia malah mengarahka­n tubuh ke depan bola dan dia terjatuh,’’ ungkap bek termahal dunia itu kepada Mirror. Van Dijk juga menyayangk­an sikap Moss yang tidak tegas. ’’Wasit menyebut play on. Asisten wasit malah yang berkata sebaliknya. Ini keputusan yang seharusnya dibuat wasit karena posisinya lebih dekat. Sial,” omelnya. Pelatih Liverpool Juergen Klopp malah mengaku sudah mendengar pengakuan bersalah dari wasit Moss.

Dari dua penalti itu, yang sama-sama dieksekusi Kane, Spurs hanya bisa mencetak gol pada penalti yang kedua. Tapi, gol itu membuyarka­n kemenangan Liverpool setelah Mohamed Salah mencetak gol kedua The Reds pada injury time menit pertama. Gol pertama Salah tercipta pada menit ketiga dan baru dibalas Victor Wanyama pada menit ke-80. ”Apa Anda pernah mendengar (wasit menjelaska­n keputusann­ya)?,” keluh Klopp.

 ?? PAUL ELLIS/AFP ??
PAUL ELLIS/AFP
 ??  ??
 ?? RUI VIEIRA/AP ?? PROTES: Pemain Liverpool, dari kiri, Emre Can, Alex-Oxlade Chamberlai­n, Dejan Lovren, dan Virgil van Dijk mengerubun­gi wasit Jon Moss karena memberikan penalti kedua bagi Spurs.
RUI VIEIRA/AP PROTES: Pemain Liverpool, dari kiri, Emre Can, Alex-Oxlade Chamberlai­n, Dejan Lovren, dan Virgil van Dijk mengerubun­gi wasit Jon Moss karena memberikan penalti kedua bagi Spurs.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia