Jawa Pos

Kompetitif gara-gara Partenopei

-

BENEVENTO – Di antara lima liga elite Eropa musim ini, mana yang kompetitif? Dengan cepat bisa dijawab Serie A. Persaingan untuk meraih scudetto masih sengit antara Napoli dan Juventus. Kedua tim hanya terpisah satu poin (60-59) hingga giornata ke-23.

Bandingkan dengan Premier League, Bundesliga, maupun Ligue 1. Manchester City, Bayern Muenchen, dan Paris SaintGerma­in (PSG) sudah berlari terlalu jauh dari para pesaingnya. Barcelona di La Liga juga tidak berbeda jauh. Meski gap dengan peringkat kedua menjadi 9 poin (dari 11 poin), penguntitn­ya bukan sang rival abadi, Real Madrid, melainkan Atletico Madrid.

Kompetitif­nya Napoli dalam perebutan

scudetto musim ini tentu memberikan gairah baru. Bagaimana tidak, Serie A dalam enam musim sebelumnya selalu dikuasai Juve. Sebelum mengalahka­n Benevento 2-0 di Stadio Ciro Vigorito kemarin dini hari WIB (5/2), Partenopei berada dalam tekanan menang. Sebab, Bianconeri menduduki posisi

capolista seiring dengan kemenangan telak 7-0 atas Sassuolo di Allianz Stadium pada Minggu malam WIB (4/2).

Allenatore Napoli Maurizio Sarri kepada

Mediaset Premium menyatakan bahwa kemenangan atas Benevento adalah bukti bahwa mentalitas Marek Hamsik dkk semakin teruji. ”Kami mencoba untuk tidak memikirkan pesta gol lawan (Juve, Red) dan berfokus pada pertanding­an kami,” ucapnya.

Sarri pun tidak percaya bahwa Napoli bisa mengemas 60 poin dari 23 pertanding­an. Versi Opta, hanya Inter Milan pada musim 2006–2007 yang mengumpulk­an lebih banyak poin daripada Napoli setelah giornata ke-23 (63 poin). ”Serie A belakangan ini seperti Bundesliga (Bayern mendominas­i, Red). Bedanya, kami bisa melakukan yang tak bisa dilakukan klub-klub di Jerman. Yakni terus melawan sehingga perebutan titel juara masih terbuka,” ucap pelatih 59 tahun tersebut.

Skuad utama yang tidak berubah dari musim lalu dianggap Sarri sebagai kunci kekuatan Napoli musim ini, di lini pertahanan khususnya. Untuk kali pertama dalam satu dekade, angka kebobolan Partenopei lebih sedikit daripada Juve.

”Kami tak takut kepada siapa pun, termasuk Juventus. Jadi, yang harus kami kerjakan adalah mengatur fokus laga per laga yang ada di depan kami,” ujar Hamsik, yang mencetak gol kedua Napoli, kepada Football Italia.

 ?? CIRO DE LUCA/REUTERS ?? MASIH BERKUASA: Marek Hamsik merayakan golnya ke gawang Benevento kemarin.
CIRO DE LUCA/REUTERS MASIH BERKUASA: Marek Hamsik merayakan golnya ke gawang Benevento kemarin.
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia