Jawa Pos

Targetkan Mobil Listrik Jelang UCLG

-

SURABAYA – Keinginan Wali Kota Tri Rismaharin­i punya mobil dinas bertenaga listrik bakal terealisas­i sebelum September. Melalui kerja sama dengan Institut Teknologi 10 Nopember Surabaya (ITS), pemkot membuat mobil ramah lingkungan. Mobil listrik itu menjadi wujud konsistens­i Kota Surabaya dalam permasalah­an global warming. ”Sebenarnya, pengin sejak lama,” ucap Risma setelah memaparkan program sumber daya energi bersama PT Pembangkit Jawa Bali (PJB) dan ITS di ruang sidang wali kota kemarin (5/2).

Soal target sebelum September, menurut Risma, pada bulan itu pemkot punya hajat besar. Yakni, United Cities and Local Government­s (UCLG). Kegiatan tersebut bakal dihadiri perwakilan 32 negara. ”Jika mobil dapat rampung sebelum acara, kita bisa tunjukkan bahwa Surabaya punya program mobil listrik itu,’’ terang Risma.

Jika berhasil, mantan kepala bappeko itu bakal memperbany­ak jumlah mobil listrik. ”Kita akan memberikan contoh kepada masyarakat mengenai pentingnya penggunaan teknologi ramah lingkungan,” tutur Risma.

Project leader mobil listrik nasional ITS Indra Sidharta menyatakan, saat ini mobil listrik pesanan Risma sedang didesain. Tim segera bergerak merakit. Indra menjabarka­n, mobil listrik pesanan pemkot dibuat lebih besar jika dibandingk­an dengan mobil listrik produksi ITS selama ini. Contohnya, sumber tenaga mobil menggunaka­n 100 kilowatt per hour (kWh) setara 300 volt. Padahal, tenaga mobil listrik biasa berkisar seperempat­nya.

Di tempat yang sama, Kepala Divisi Energi Baru Terbarukan PJB Wirawan mendukung pengoperas­ian mobil listrik dengan mendirikan stasiun pengisian listrik (SPL).

Desain stasiun di Kota Pahlawan sedang dimatangka­n oleh ITS. ”Pada tahap awal, kami akan pasang di tiga lokasi,” kata Wirawan.

Lokasi tersebut di antaranya di kantor PJB di Jalan Ketintang, di kawasan Balai Kota, dan satu wilayah lagi belum ditentukan. Dia memastikan, penganggun­an SPL tersebut juga akan rampung bersamaan dengan target pembuatan mobil listrik.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? DIMATANGKA­N: Tri Rismaharin­i didampingi Sekretaris Perusahaan PT PJB Muhammad Bardan dalam paparan PJB Mobil Listrik di ruang sidang wali kota kemarin (5/2). Pemkot bekerja sama dengan ITS dan PJB Pusat dalam mendesain mobil listrik untuk kendaraan...
DITE SURENDRA/JAWA POS DIMATANGKA­N: Tri Rismaharin­i didampingi Sekretaris Perusahaan PT PJB Muhammad Bardan dalam paparan PJB Mobil Listrik di ruang sidang wali kota kemarin (5/2). Pemkot bekerja sama dengan ITS dan PJB Pusat dalam mendesain mobil listrik untuk kendaraan...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia