Jawa Pos

Incar Adiwiyata Provinsi

-

SURABAYA – SMPN 42 terus berbenah. Setelah meraih penghargaa­n lingkungan adiwiyata tingkat Kota Surabaya, sekolah di kawasan Dupak Rukun itu mengingink­an adiwiyata tingkat provinsi.

Kepala SMPN 42 Achmad Biblawi menyatakan, salah satu cara menuju adiwiyata tingkat provinsi adalah memperbany­ak tanaman hijau. Nah, salah satu cara memperbany­ak tanaman hijau adalah mencangkok.

Kemarin (5/2) sejumlah siswa kelas IX terlibat dalam acara mencangkok pohon jambu biji. Melalui bimbingan Sugihartut­i, guru IPA, para siswa yang terdiri atas Afifah Zabila, Luluk Ah Baido, Ahmad Fauzan, dan Choirul Anam itu menentukan batang yang siap dicangkok. Yakni, batang yang sudah tua dan berwarna cokelat.

Batang tua tersebut lantas dikuliti sepanjang 5 cm hingga kambiumnya terlihat. Afifah bersama temanteman­nya lantas membungkus batang yang sudah dikuliti itu dengan tanah yang subur. ’’Dibungkus dengan plastik, lalu dilubangi untuk sirkulasi udara. Bisa juga dengan sabut kelapa,’’ ujar Sugihartut­i.

Selain pohon jambu biji, ada beberapa pohon yang dicangkok. Termasuk mangga. Menurut dia, selain memperbany­ak tanaman, mencangkok bisa mengasah life skill siswa. Di masa depan, menjadi apa pun siswanya, cinta lingkungan harus tetap dijaga. ’’Kemampuan mencangkok­nya juga bisa diterapkan,’’ katanya.

Bahkan, sebagai bagian dari peduli terhadap lingkungan, mencangkok juga telah menjadi materi dalam ujian praktik siswa. Upaya lain untuk menuju adiwiyata tingkat provinsi adalah membudiday­akan tanaman lidah buaya. Kemarin deretan tanaman lidah buaya itu tertata di green house dan beberapa sudut sekolah.

 ?? PUJI TYAS/JAWA POS ?? KERJA TIM: Choirul Anam (kanan) dibantu teman-temannya memasang cangkok pada pohon jambu biji kemarin.
PUJI TYAS/JAWA POS KERJA TIM: Choirul Anam (kanan) dibantu teman-temannya memasang cangkok pada pohon jambu biji kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia