Jawa Pos

Sambut Pileg 2019, KPU Buat Tiga Model Dapil

-

SIDOARJO – Peta daerah pemilihan (dapil) untuk meraih kursi di DPRD Sidoarjo pada pemilu legislatif (pileg) tahun depan sangat mungkin berubah. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sidoarjo telah membuat usulan tiga model dapil. Jumlah dapil tetap enam. Namun, usulan wilayah berganti.

Usulan model pertama menempatka­n Sidoarjo, Sedati, dan Buduran di dapil 1. Lalu, dapil 2 meliputi Porong, Jabon, Tanggulang­in, dan Candi. Selanjutny­a, Wonoayu, Tulangan, Prambon, dan Krembung masuk dapil 3. Dapil 4 adalah Tarik, Krian, dan Balongbend­o. Adapun dapil 5 berisi Taman dan Sukodono. Dapil 6 menggabung­kan Waru dan Gedangan (selengkapn­ya lihat grafis).

’’Tiga opsi, tiga model yang kami usulkan ini didasarkan pada jumlah penduduk,’’ kata Ketua KPU Sidoarjo M. Zainal Abidin.

Menurut dia, KPU Sidoarjo tidak bekerja sendiri dalam merumuskan usulan dapil tersebut. Tetapi bersama akademisi dan perwakilan dari Pemkab Sidoarjo. KPU juga mengajak serta partai politik dan masyarakat untuk Dapil Kecamatan Jumlah penduduk Jumlah Kursi memberikan masukan. ’’Harihari ini kami butuh masukan tersebut. Karena itu, pada 10 Februari nanti kami undang partai politik untuk memberikan masukan,’’ ujar Zainal.

Hasil masukan dan usulan yang paling banyak dipilih akan dipresenta­sikan ke KPU Provinsi Jawa Timur. ’’Yang memutuskan tetap KPU Pusat. Keputusann­ya diambil dalam rentang waktu 28 Februari sampai 5 April,’’ tambah anggota KPU Sidoarjo Miftakul Rohmah.

Apa pun keputusan KPU Pusat, pihaknya akan menjalanka­nnya. ’’Tapi, kalau boleh memilih, kami lebih condong ke usulan atau model pertama. Sebab, pembagian kursinya lebih merata,’’ jelas Zainal.

 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia