Jawa Pos

AKSI SEREMPAK PEDULI ANAK

Aksi Serempak di 19 Titik Lokasi

-

SURABAYA – Ribuan siswa dan berbagai elemen masyarakat turun ke jalan kemarin (5/2). Maraknya aksi kekerasan dan kejahatan terhadap anak menjadi pemicu aksi tersebut. Aksi yang dipimpin langsung oleh Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i di Taman Mayangkara, Wonokromo, itu menyuaraka­n anti kekerasan terhadap generasi penerus bangsa.

Kampanye tersebut berlangsun­g secara serentak di 19 titik lokasi berbagai kawasan di Surabaya kemarin. Aksi itu berlangsun­g mulai pukul 06.00. Para peserta memadati sepanjang jalan yang telah ditentukan. Mereka membawa banner, spanduk, dan pamflet bertulisan tolak kekerasan terhadap anak. ’’Lindungi kami dari predator anak’’. ’’Usir predator anak dari Indonesia’’. Dua kalimat itu merupakan contoh dari suara mereka yang tertuang lewat tulisan.

’’Aksi tersebut melihat dari kasus yang terjadi dalam beberapa waktu ini. Banyak sekali penculikan anak,’’ ungkap Risma. Dia menjelaska­n, aksi itu mengajak seluruh elemen masyarakat. Mulai guru, orang tua, tetangga, hingga pemerintah. Mereka dituntut lebih peduli terhadap anak-anak.

Risma menjelaska­n bahwa para penjahat tersebut ada karena terdapat peluang. Karena itu, tingkat pengawasan harus lebih diperketat. Terlebih, anak-anak tidak memiliki kemampuan untuk melawan para penjahat itu. Sebab, para pelaku kejahatan adalah orang dewasa yang seharusnya menjadi pelindung mereka.

Kampanye yang rata-rata berlangsun­g dua jam tersebut diharapkan dapat menjadi inisiator untuk membangkit­kan kepedulian terhadap anak. ’’Mereka adalah anak kita. Cucu dan keponakan itu ya anak kita bersama,’’ katanya. Lewat aksi itu, Risma menyatakan perang terhadap predator anak.

Langkah konkret pun dilakukan pemkot untuk menekan jumlah kejahatan terha- dap anak. Untuk memperketa­t pengawasan, Risma mengungkap­kan akan menambah CCTV di beberapa titik. Termasuk di sekolah, kampung, dan jalan raya. ’’Saya juga akan mengingatk­an ke sekolah-sekolah dan RT nanti,’’ ucap alumnus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya itu.

Selama ini pemkot, ungkap dia, telah memiliki program perlindung­an anak. Pemkot juga memberikan edukasi dan aktivitas yang menyenangk­an untuk anak. Misalnya, kampung Arek Suroboyo dan kampung pendidikan. Sementara itu, aksi-aksi serempak kemarin bertujuan meningkatk­an kesadaran masyarakat.

 ??  ??
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ??
DIPTA WAHYU/JAWA POS
 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? JANGAN TERLAMBAT: Sejumlah siswa SD Al Falah beserta gurunya berpartisi­pasi dalam aksi simpatik di Jalan Darmo kemarin (5/2). Foto kiri, aksi serupa juga dilakukan Vania, siswa SD Santa Maria.
DIPTA WAHYU/JAWA POS JANGAN TERLAMBAT: Sejumlah siswa SD Al Falah beserta gurunya berpartisi­pasi dalam aksi simpatik di Jalan Darmo kemarin (5/2). Foto kiri, aksi serupa juga dilakukan Vania, siswa SD Santa Maria.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia