Jawa Pos

Pastikan Flyover Dibangun Tepat Waktu

-

SURABAYA – PT Pelindo III memastikan bahwa pembanguna­n flyover yang menghubung­kan Terminal Teluk Lamong dan jalur lingkar luar barat (JLLB) berjalan tepat waktu. Hal itu diungkapka­n Koordinato­r Proyek Unit Teluk Lamong M. Harry Dharmawan sesaat setelah berkonsult­asi dengan Tim Pengawal dan Pengaman Pemerintah­an dan Pembanguna­n Daerah (TP4D) Kejati Jatim kemarin siang (7/2).

’’Besok (hari ini, Red) saya pergi ke Jakarta untuk melaporkan perkembang­an ke pemerintah pusat supaya pengerjaan bisa mulai dilakukan sesuai rencana,’’ terangnya.

Dari hasil konsultasi dengan TP4D Kejati Jatim, Harry menuturkan bahwa proyek pembanguna­n flyover tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Dengan demikian, apabila terdapat penolakan dari pihakpihak terdampak, hal tersebut akan diproses hukum.

Sebelumnya, PT Pelindo terkendala pengukuran dan pembebasan lahan dari salah satu pemilik lahan terdampak, yakni PT Agung Jaya Semesta (AJS), yang meminta sebagian konstruksi digeser.

Namun, hal itu tidak bisa dipenuhi. Sebab, pengerjaan­nya sudah sesuai izin dan penetapan lokasi (penlok). ’’Nanti kalau tetap keberatan, mereka bisa mengadu ke aparat penegak hukum atau BPN,’’ tutur alumnus ITS Surabaya tersebut.

Dia menambahka­n, langkah selanjutny­a adalah melakukan pengukuran dan menerbitka­n peta bidang konstruksi. Setelah itu, membebaska­n lahan terdampak. ’’Pertengaha­n Maret mulai dilakukan pengerjaan. Rencananya, presiden hadir di proses groundbrea­kingnya (peletakan batu pertama, Red),’’ lanjut dia.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia