Jawa Pos

Bermain dan Belajar Alam di Kebun Bibit

-

SURABAYA – Kebun Bibit Wonorejo menjadi salah satu destinasi yang banyak dituju warga Kota Pahlawan. Tempat yang asri dengan dilengkapi permainan anak-anak serta peralatan olahraga untuk orang dewasa menjadi penunjang.

Misalnya, kemarin sejak pukul 08.00, orang-orang memenuhi taman yang terletak tidak jauh dari Jalan Ir Soekarno tersebut. Ada yang memilih untuk berlari mengitari danau, memancing, menggunaka­n fasilitas olahraga, atau sekadar dudukduduk berpiknik.

Pengunjung yang terlihat energik mengelilin­gi taman adalah rombongan KB/TK Salman Al-Farizi. Sekolah di daerah Medayu Utara itu sedang melakukan outbound. ”Kami ingin menguatkan motorik kasar mereka. Kalau di sekolah kan biasanya lebih banyak motorik halus,” jelas Kepala KB/TK Salman Al-Farizi Chusnawiya­h.

Anak didik berjumlah 20 orang itu diajak untuk mencoba berbagai permainan yang ada. Salah satunya adalah titian tambang. Dengan rapi, bocah-bocah berusia 4 hingga 6 tahun tersebut mengantre. Fathyah Farhah, 6, begitu semangat saat dibantu guru untuk mulai meniti tali tambang yang tinggi itu. ”Aku memang suka manjat-manjat. Jadi, enggak takut,” ujarnya.

Setelah itu, anak-anak diajak berkelilin­g. Di sepanjang perjalanan, pertanyaan tidak hentihenti­nya terlontar dari mulut mungil mereka. Mereka begitu antusias saat tiba di area pembibitan. Misalnya, Jasmine Aini Hasna yang begitu tertarik pada bibit-bibit pohon yang bertebaran di area tersebut. ”Enggak tahu itu tadi pohon apa. Tapi, di sini enak, adem. Mainannya juga banyak,” katanya.

 ?? YUYUNG ABDI/JAWA POS ?? KEGIATAN LUAR RUANGAN: Anak didik KB/TK Salman Al-Farizi berkunjung ke Kebun Bibit Wonorejo. Mereka belajar mengenal tanaman dan bermain.
YUYUNG ABDI/JAWA POS KEGIATAN LUAR RUANGAN: Anak didik KB/TK Salman Al-Farizi berkunjung ke Kebun Bibit Wonorejo. Mereka belajar mengenal tanaman dan bermain.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia