Jawa Pos

Semangat Kader Jumantik lewat Yel-Yel

-

SURABAYA – Delapan regu bumantik (ibu pemantau jentik) beradu aksi memberikan penampilan terbaik. Dengan berkostum unik, mereka terlihat energik menyuaraka­n yel-yel bertema 1 Rumah 1 Jumantik (1R1J) di Jalan Pulo Tegalsari VI, Kelurahan Wonokromo, kemarin (10/2).

Pelaksanaa­n lomba gerak dan lagu mars 1R1J se-Kelurahan Wonokromo itu bertujuan menggiatka­n para kader bumantik. Mereka mempersiap­kan diri dengan maksimal. Mulai kostum, lagu, hingga latihan gerakan. Salah satu yang terlihat menarik adalah tim dari RW IV. Mereka mengenakan kostum cerah dominasi warna kuning dan hijau. Ada dua anggota yang tampil maksimal dengan kostum seperti nyamuk. Lengkap dengan aksesoriny­a.

’’Unsur kader kesehatan itu banyak. Ada kader bumantik atau jumantik, kader lansia, kader posyandu, kader paliatif, kader bindu yang menangani penyakit tak menular, dan kader kesehatan jiwa. Semua senang mengikuti dan menyaksika­n lomba,” kata Tri Novita Wulandari, tim kreatif RW IV. Semangat mereka menarik perhatian juri. Mereka mendapatka­n juara pertama dalam lomba yang baru kali pertama diadakan tersebut.

1R1J merupakan program yang digalakkan Kementeria­n Kesehatan (Kemenkes) sejak 2015. Tujuannya, menurunkan angka kematian dan pasien demam berdarah dengue (DBD). Gerakan itu merupakan salah satu upaya mencegah DBD mulai pintu negara hingga pintu rumah.

Ada 427 jumantik di Kelurahan Wonokromo saat ini. Mereka sangat aktif mengontrol upaya preventif yang dilakukan warga. ’’Acara seperti ini membuat mereka lebih semangat dan menjadi percontoha­n tempat lain,” ungkap staf Kesra Kelurahan Wonokromo Siti Fatimah.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? ENERGIK: Aksi kader lingkungan RW IV, Kelurahan Wonokromo, saat mengikuti lomba gerak dan lagu Rumah Jumantik kemarin (10/2).
DIPTA WAHYU/JAWA POS ENERGIK: Aksi kader lingkungan RW IV, Kelurahan Wonokromo, saat mengikuti lomba gerak dan lagu Rumah Jumantik kemarin (10/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia