Jawa Pos

Genangan Surut, Warga Masih Waswas

-

SIDOARJO – Genangan air yang merendam sejumlah desa berangsur surut. Berdasar pantauan di lapangan kemarin (10/2), ketinggian air sekitar 10–30 sentimeter. Misalnya, di Desa Gempolsari, Tanggulang­in. Dua hari lalu luberan air tampak menggenang­i jalan desa dan permukiman warga. Kemarin air yang merendam rumah sekitar 10 sentimeter.

Di Desa Candi Pari, genangan air terlihat di jalan setelah kawasan candi. Tepatnya di RT 1, RW 1. Ketinggian air mencapai 20 cm. Lebih ke dalam, yakni arah permukiman warga, air semakin dalam. Jalan desa dan pekarangan warga pun terendam.

Meski rumahnya aman, dia tetap waswas. Mianah teringat banjir yang menerjang Candi Pari akhir tahun lalu. Ketika itu air merendam rumahnya selama seminggu. ’’Awalnya bertahan, tetapi akhirnya tidak kuat. Saya lantas mengungsi ke rumah saudara di Desa Pamotan,’’ ucapnya.

Titik genangan paling tinggi berada di Desa Pesawahan. Ketinggian air mencapai 30–40 sentimeter. Bukan hanya jalan dan permukiman warga yang tergenang. Namun, air juga merendam Balai Desa Pesawahan.

Berdasar pengamatan kemarin, jalan di depan balai desa ditutup warga. Sebuah tali rafia dikaitkan di tiang listrik. Tali itu menjadi penanda bagi pengendara roda dua agar tidak melintas di akses tersebut.

Sementara itu, Kepala Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Dwidjo Prawito menuturkan, banjir yang merendam dua desa di Porong mulai surut. Dua hari lalu ketinggian permukaan air mencapai 30–40 sentimeter. ’’Kini sudah berkurang. Dari pantauan kami, 10–20 sentimeter,’’ jelasnya.

BPBD mencatat, 35 rumah di Desa Pesawahan jadi korban banjir. Air masuk ke rumah. ’’Namun, tidak ada yang mengungsi,’’ ucapnya.

Mantan kepala dinas PU cipta karya itu meminta warga tatap siaga. Sebab, Januari hingga Februari merupakan puncak musim hujan. Hujan diperkirak­an mengguyur setiap hari. ’’Intensitas­nya semakin tinggi mendekati akhir Februari,’’ tuturnya.

Lebih lanjut tim BPBD sudah bersiap. Ketika banjir menerjang, petugas akan turun ke lapangan untuk melakukan evakuasi.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? SUDAH DUA HARI: Anak-anak bersepeda di depan kantor Balai Desa Pesawahan yang terendam air hingga 30 sentimeter kemarin.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS SUDAH DUA HARI: Anak-anak bersepeda di depan kantor Balai Desa Pesawahan yang terendam air hingga 30 sentimeter kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia