Jawa Pos

Gus Ipul Boyongan, Khofifah Buka Posko

-

PARA kandidat peserta pilgub Jatim sudah siap menghadapi masa kampanye yang dimulai hari ini. Sejumlah aktivitas mereka langsungka­n kemarin (14/2)

Misalnya yang dilakukan cagub Saifullah Yusuf. Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu resmi menyerahka­n surat cuti sebagai wakil gubernur Jatim periode 2013– 2018. Kemarin di Gedung Negara Grahadi, surat tersebut dia berikan langsung kepada Gubernur Soekarwo yang baru saja memimpin pelantikan pejabat sementara (Pjs) empat bupati/ wali kota di Jatim.

Pertemuan dua tokoh itu berlangsun­g gayeng. Saat menyerahka­n surat cuti, Gus Ipul juga sekalian berpamitan kepada Soekarwo. ”Mulai besok (hari ini, Red) saya cuti, Pakde (sapaan akrab Soekarwo, Red). Saya berterima kasih karena sudah banyak belajar,” katanya.

Soekarwo juga berterima kasih kepada Saifullah atas kebersamaa­n mereka selama sepuluh tahun. ”Iki kok malih koyok riyoyoan ae (ini kok jadinya seperti hari raya saja, Red),” gurau Pakde Karwo.

Sesudah berpamitan, Gus Ipul langsung menuju rumah dinasnya di Jalan Imam Bonjol. Begitu tiba, dia dan istri bersama sang ibunda Sholichah berkemaske­mas untuk mempersiap­kan kepindahan.

Sekitar pukul 17.00, Saifullah dan keluarga resmi meninggalk­an rumah itu. Gus Ipul juga menyerahka­n seluruh fasilitas dinas yang dia pakai. Termasuk empat kendaraan dinas yang selama ini digunakann­ya untuk beraktivit­as sebagai wakil gubernur.

Sementara itu, sehari menjelang masa kampanye, cagub Khofifah Indar Parawansa juga tak kalah sibuk. Kemarin dia meluncurka­n posko yang diberi nama Rumah Aspirasi di Jalan Diponegoro, Surabaya.

Launching tersebut dihadiri seluruh tim pemenangan serta para pendukung dan simpatisan­nya. Peluncuran itu ditandai dengan pelepasan sembilan burung dara di depan posko.

Khofifah mengatakan, Rumah Aspirasi didirikan untuk menampung berbagai masukan maupun keluhan publik. ”Rumah ini juga tempat untuk menghimpun ide-ide kreatif agar ada percepatan pemerataan pembanguna­n,” ucapnya.

Agenda tersebut juga dijadikan ajang launching visi dan misi pasangan Khofifah-Emil Elestianto Dardak yang bertajuk Nawa Bhakti Satya.

Dalam program itu, ada sembilan bakti yang disiapkan. Sembilan program tersebut antara lain adalah Jatim Sejahtera (pengentasa­n kemiskinan), Jatim Kerja (penguranga­n penganggur­an), Jatim Cerdas dan Sehat (program di sektor pendidikan-kesehatan), serta Jatim Akses (infrastruk­tur).

Lainnya adalah Jatim Berkah, Jatim Agro (program di sektor pertanian), Jatim Berdaya (ekonomi kerakyatan), Jatim Amanah (pemerintah­an anti-KKN), serta Jatim Harmoni (program di sektor pariwisata dan lingkungan hidup).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia