Gus Ipul Boyongan, Khofifah Buka Posko

Jawa Pos - - FRONT PAGE -

PARA kandidat peserta pilgub Jatim sudah siap menghadapi masa kampanye yang dimulai hari ini. Sejumlah aktivitas mereka langsungkan kemarin (14/2)

Misalnya yang dilakukan cagub Saifullah Yusuf. Pria yang akrab disapa Gus Ipul itu resmi menyerahkan surat cuti sebagai wakil gubernur Jatim periode 2013– 2018. Kemarin di Gedung Negara Grahadi, surat tersebut dia berikan langsung kepada Gubernur Soekarwo yang baru saja memimpin pelantikan pejabat sementara (Pjs) empat bupati/ wali kota di Jatim.

Pertemuan dua tokoh itu berlangsung gayeng. Saat menyerahkan surat cuti, Gus Ipul juga sekalian berpamitan kepada Soekarwo. ”Mulai besok (hari ini, Red) saya cuti, Pakde (sapaan akrab Soekarwo, Red). Saya berterima kasih karena sudah banyak belajar,” katanya.

Soekarwo juga berterima kasih kepada Saifullah atas kebersamaan mereka selama sepuluh tahun. ”Iki kok malih koyok riyoyoan ae (ini kok jadinya seperti hari raya saja, Red),” gurau Pakde Karwo.

Sesudah berpamitan, Gus Ipul langsung menuju rumah dinasnya di Jalan Imam Bonjol. Begitu tiba, dia dan istri bersama sang ibunda Sholichah berkemaskemas untuk mempersiapkan kepindahan.

Sekitar pukul 17.00, Saifullah dan keluarga resmi meninggalkan rumah itu. Gus Ipul juga menyerahkan seluruh fasilitas dinas yang dia pakai. Termasuk empat kendaraan dinas yang selama ini digunakannya untuk beraktivitas sebagai wakil gubernur.

Sementara itu, sehari menjelang masa kampanye, cagub Khofifah Indar Parawansa juga tak kalah sibuk. Kemarin dia meluncurkan posko yang diberi nama Rumah Aspirasi di Jalan Diponegoro, Surabaya.

Launching tersebut dihadiri seluruh tim pemenangan serta para pendukung dan simpatisannya. Peluncuran itu ditandai dengan pelepasan sembilan burung dara di depan posko.

Khofifah mengatakan, Rumah Aspirasi didirikan untuk menampung berbagai masukan maupun keluhan publik. ”Rumah ini juga tempat untuk menghimpun ide-ide kreatif agar ada percepatan pemerataan pembangunan,” ucapnya.

Agenda tersebut juga dijadikan ajang launching visi dan misi pasangan Khofifah-Emil Elestianto Dardak yang bertajuk Nawa Bhakti Satya.

Dalam program itu, ada sembilan bakti yang disiapkan. Sembilan program tersebut antara lain adalah Jatim Sejahtera (pengentasan kemiskinan), Jatim Kerja (pengurangan pengangguran), Jatim Cerdas dan Sehat (program di sektor pendidikan-kesehatan), serta Jatim Akses (infrastruktur).

Lainnya adalah Jatim Berkah, Jatim Agro (program di sektor pertanian), Jatim Berdaya (ekonomi kerakyatan), Jatim Amanah (pemerintahan anti-KKN), serta Jatim Harmoni (program di sektor pariwisata dan lingkungan hidup).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.