Ancaman Presiden Israel

Jawa Pos - - POLITIKA -

BLOG international-news-today.blogspot.co.id makin hobi membuat konten hoax. Selain isu-isu soal PKI, blog itu doyan membuat konten yang memanaskan emosi umat muslim. Misalnya, berita palsu soal presiden Israel yang akan menghabisi muslim di Indonesia.

Berita palsu itu dibuat dengan judul, ”Presiden Israel: Umat Muslim di Indonesia Harus Dihabisi Agar Tidak Ikut Campur Lagi Urusan Israel”. Tulisan tersebut diunggah pada 29 Januari 2018. Dalam berita itu disebutkan, Presiden Israel Reuven Rivlin mengatakan, umat muslim di Indonesia jangan ikut campur persoalan negaranya. Jika tidak, Israel akan menyerang Indonesia.

”Israel bisa saja menghentikan aksinya jika negara Indonesia tidak ikut campur masalah negara Israel, kecuali itu perintah atau gabungnya Indonesia dengan PBB. Kalau hanya relawan maupun sekelompok orang yang kami anggap ilegal, kami tidak akan segan-segan membuat nasib sama dengan Palestina,” ujar Reuven Rivlin seperti ditulis blog international-news-today.

Tak ada satu pun media mainstream dari dalam dan luar negeri yang mengutip pernyataan Rivlin tersebut. Informasi itu terungkap sebagai hoax ketika terdapat pernyataan dari mantan Menteri Luar Negeri Israel Tzipi Livni. Menurut Livni, Israel berada di ambang pertempuran dengan dunia muslim.

Berdasar penelusuran koran ini, kalimat itu berasal dari portal berita sindonews.com. Nah, berita sindonews itulah yang kemudian diolah dan dipelintir sejumlah blog clickbait, termasuk international-news-today.com.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.