Maksumalkan Energi Baik

Jawa Pos - - FOR HER -

Semasa sekolah, kita familier dengan ujaran posisi menentukan prestasi. Prinsip serupa berlaku dalam penataan ruang ala fengsui. Letak pintu hingga posisi rumah menentukan hoki pemiliknya.

RUMAH sejatinya merupakan tempat pulang, istirahat, dan menghabiskan waktu bersama keluarga. Nah, ilmu metafisika Tiongkok, fengsui, menyebut tempat tinggal berpengaruh besar pada kehidupan seseorang. ”Kalau letak rumahnya enggak bagus atau penataan ruangnya asal-asalan, pemilik bisa jadi ditimpa kemalangan. Bisa sering sakit-sakitan sampai bisnisnya macet,” kata arsitek sekaligus pakar fengsui Dr Ir Mauro Rahardjo MSc March.

Menurut Mauro, penataan hingga penentuan lokasi rumah banyak berpengaruh pada aliran energi di dalam rumah. Salah arah, hoki pun menjauh. Dia mencontohkan rumahnya di kawasan Surabaya Barat. ”Tanah ini menghadap utara dan langsung bertemu dengan jalan. Secara fengsui, letak seperti ini kurang baik,” ucapnya.

Untuk memaksimalkan aliran energi baik, lulusan program S-3 arsitektur di Oxford Brookes University, Inggris, itu mengakalinya lewat penataan pintu. Gerbang memang dibuat mengikuti perumahan, hadap timur. Namun, pintu utama rumah sengaja dia buat menghadap ke utara.

Sementara itu, arah yang buruk buatnya –timur laut– dimanfaatkan untuk ruang selain kamar tidur. ”Timur laut, di lantai 1 maupun 2, buat kamar mandi,” imbuhnya. Selain untuk menekan qi buruk, peletakan kamar mandi yang searah dinilai Mauro mempermudah aliran pembuangan air.

Dia menambahkan, ada tiga titik yang wajib diperhatikan saat mendesain rumah. Yakni, pintu masuk rumah, kamar tidur, serta dapur. Ketiganya sebaiknya diletakkan di arah yang baik.

Penjelasannya, pintu masuk berhubungan dengan keluarmasuknya qi (energi). Kamar tidur berhubungan dengan kesehatan. Dapur merupakan pusat mengolah masakan yang kita makan.

Menurut Mauro, penerapan fengsui bisa dilakukan di tiga tahap. Yakni, sejak awal, pada tahap

redesign (rumah dalam kondisi setengah jadi), hingga koreksi ketika rumah sudah jadi.

Pendiri Feng Shui School Indonesia itu menyatakan, tata letak sesuai fengsui tidak cuma bertujuan untuk estetika. ”Penataan itu bertujuan menangkal sha qi (energi yang membunuh atau buruk) yang bisa masuk ke rumah,” tegas Mauro.

HANUNG HAMBARA/JAWA POS HANUNG HAMBARA/JAWA POS HANUNG HAMBARA/JAWA POS

JENDELA LENGKUNG: Mauro bersama istri, Lely, dan putri bungsunya, Violet, di depan jendela di area ruang keluarga. Jendela berdesain angka delapan merupakan perlambang rezeki dan hoki. MIRIP KOIN: Mauro mendesain akses ke taman dalam ruang di rumahnya membulat, mirip koin lama Tiongkok. Dia melengkapi area itu dengan tanaman.

ATUR PINTU: Untuk memaksimalkan aliran energi baik, Mauro menata penempatan pintu. Gerbang dibuat mengikuti perumahan, menghadap timur.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia

© PressReader. All rights reserved.