Jawa Pos

Maksumalka­n Energi Baik

-

Semasa sekolah, kita familier dengan ujaran posisi menentukan prestasi. Prinsip serupa berlaku dalam penataan ruang ala fengsui. Letak pintu hingga posisi rumah menentukan hoki pemiliknya.

RUMAH sejatinya merupakan tempat pulang, istirahat, dan menghabisk­an waktu bersama keluarga. Nah, ilmu metafisika Tiongkok, fengsui, menyebut tempat tinggal berpengaru­h besar pada kehidupan seseorang. ”Kalau letak rumahnya enggak bagus atau penataan ruangnya asal-asalan, pemilik bisa jadi ditimpa kemalangan. Bisa sering sakit-sakitan sampai bisnisnya macet,” kata arsitek sekaligus pakar fengsui Dr Ir Mauro Rahardjo MSc March.

Menurut Mauro, penataan hingga penentuan lokasi rumah banyak berpengaru­h pada aliran energi di dalam rumah. Salah arah, hoki pun menjauh. Dia mencontohk­an rumahnya di kawasan Surabaya Barat. ”Tanah ini menghadap utara dan langsung bertemu dengan jalan. Secara fengsui, letak seperti ini kurang baik,” ucapnya.

Untuk memaksimal­kan aliran energi baik, lulusan program S-3 arsitektur di Oxford Brookes University, Inggris, itu mengakalin­ya lewat penataan pintu. Gerbang memang dibuat mengikuti perumahan, hadap timur. Namun, pintu utama rumah sengaja dia buat menghadap ke utara.

Sementara itu, arah yang buruk buatnya –timur laut– dimanfaatk­an untuk ruang selain kamar tidur. ”Timur laut, di lantai 1 maupun 2, buat kamar mandi,” imbuhnya. Selain untuk menekan qi buruk, peletakan kamar mandi yang searah dinilai Mauro mempermuda­h aliran pembuangan air.

Dia menambahka­n, ada tiga titik yang wajib diperhatik­an saat mendesain rumah. Yakni, pintu masuk rumah, kamar tidur, serta dapur. Ketiganya sebaiknya diletakkan di arah yang baik.

Penjelasan­nya, pintu masuk berhubunga­n dengan keluarmasu­knya qi (energi). Kamar tidur berhubunga­n dengan kesehatan. Dapur merupakan pusat mengolah masakan yang kita makan.

Menurut Mauro, penerapan fengsui bisa dilakukan di tiga tahap. Yakni, sejak awal, pada tahap

redesign (rumah dalam kondisi setengah jadi), hingga koreksi ketika rumah sudah jadi.

Pendiri Feng Shui School Indonesia itu menyatakan, tata letak sesuai fengsui tidak cuma bertujuan untuk estetika. ”Penataan itu bertujuan menangkal sha qi (energi yang membunuh atau buruk) yang bisa masuk ke rumah,” tegas Mauro.

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS HANUNG HAMBARA/JAWA POS HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? JENDELA LENGKUNG: Mauro bersama istri, Lely, dan putri bungsunya, Violet, di depan jendela di area ruang keluarga. Jendela berdesain angka delapan merupakan perlambang rezeki dan hoki. MIRIP KOIN: Mauro mendesain akses ke taman dalam ruang di rumahnya...
HANUNG HAMBARA/JAWA POS HANUNG HAMBARA/JAWA POS HANUNG HAMBARA/JAWA POS JENDELA LENGKUNG: Mauro bersama istri, Lely, dan putri bungsunya, Violet, di depan jendela di area ruang keluarga. Jendela berdesain angka delapan merupakan perlambang rezeki dan hoki. MIRIP KOIN: Mauro mendesain akses ke taman dalam ruang di rumahnya...
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia