Jawa Pos

Bandara Kediri Dibangun Tahun Ini

-

SURABAYA – Upaya merealisas­ikan bandara di kawasan selatan Jawa Timur hampir pasti terwujud. Rencana pembanguna­n bandara di Kabupaten Kediri oleh PT Gudang Garam Tbk dipastikan dimulai tahun ini. Tinggal menunggu pembebasan sisa kebutuhan lahan 25 hektare untuk kemudian dilanjutka­n dengan pembanguna­n fisik.

Bandara Kediri menjadi alternatif setelah pembanguna­n bandara di Tulungagun­g dipasti- kan batal. ’’Yang membangun Gudang Garam, tapi bisa digunakan umum,’’ terang Gubernur Jatim Soekarwo di Hotel Majapahit, Surabaya, kemarin (14/2). Sisi selatan bandara akan digunakan TNI-AL, sedangkan sisi utara untuk umum.

Soekarwo menuturkan, bandara tersebut merupakan bagian dari community developmen­t atau pembanguna­n berbasis komunitas. Dalam hal itu, PT Gudang Garam mengambil peran sebagai komunitas yang membangun akses perhubunga­n udara untuk masyarakat.

Soekarwo optimistis pembebasan lahan yang dilakukan Gudang Garam segera tuntas. Sebab, jika menunggu lagi, harga lahan dipastikan naik. Luas total lahan yang dijadikan area bandara mencapai 300 hektare. Lahan tersebut berlokasi di empat desa, yakni Desa Bulusari di Kecamatan Tarokan, Desa Grogol di Kecamatan Grogol, serta Desa Jatirejo dan Desa Tiron di Kecamatan Banyakan.

Bila selesai dibangun, bandara itu akan menjadi bandara ketujuh di Provinsi Jatim. Selain Kediri, ada Bandara Juanda, Surabaya; Bandara Abdul Rachman Saleh, Malang; Bandara Notohadine­goro, Jember; Bandara Blimbingsa­ri, Banyuwangi; Bandara Trunojoyo, Sumenep; dan Bandara Iswahyudi, Madiun.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia