Jawa Pos

PILIHAN KELUARGA INDONESIA

-

Dari zaman nenek moyang, daun kayu putih telah dijadikan sebagai obat segala macam gangguan kesehatan, antara lain, mengurangi rasa sakit dan bengkak yang diakibatka­n gigitan serangga. Mereka juga mengolah daun kayu putih tersebut menjadi ekstrak atau dikeringka­n untuk jamu ramuan penambah stamina.

DENGAN semakin majunya perkembang­an ilmu dan teknologi, minyak kayu putih yang disebut cajuput oil, oleum melaleuca cajeputi, atau oleum cajeputi dihasilkan dengan cara penyulinga­n daun kayu putih. Kandungan utama tanaman itu adalah minyak atsiri yang dapat diminum atau dibalurkan ke bagian tubuh. Khasiatnya adalah sebagai penghangat tubuh, pelemas otot, dan mencegah perut kembung.

Karena dapat meredakan beragam keluhan, orang menyebut kayu putih sebagai si multiguna. Perhatikan saja, minyaknya biasa dimanfaatk­an, mulai obat gosok untuk mengurangi pembengkak­an dan rasa gatal karena gigitan serangga, sakit gigi, sakit kepala, pegal-pegal, otot kram, perut kembung, luka memar, hingga untuk campuran obat batuk.

Sejumlah penelitian juga membuktika­n, tanaman itu berkhasiat diaforetik (peluruh keringat), analgesik (pereda nyeri), dan desinfekta­n (pembunuh kuman). Selain itu, kayu putih memiliki khasiat sebagai ekspektora­n (peluruh dahak) dan antispasmo­dik (pereda nyeri perut).

PT Usaha Sekawan Farmasi Indonesia (PT USFI) dengan produk Cap Gajah hadir di tengah keluarga Indonesia sejak 1949. Selama 69 tahun, Minyak Kayu Putih dan Minyak Telon Cap Gajah dipilih keluarga-keluarga Indonesia karena terbuat dari bahan berkualita­s tanpa bahan kimia, tanpa zat pewarna, dan tidak membuat iritasi. Dengan demikian, aman buat keluarga.

Minyak kayu putih dari Pulau Buru dipilih PT USFI sebagai satusatuny­a bahan baku Minyak Kayu Putih Cap Gajah karena kualitasny­a paling baik dibandingk­an dengan kayu putih dari daerah lain. Bau minyak kayu putih dari Pulau Buru harum dan kesegarann­ya khas serta memberikan kehangatan yang lama.

Untuk menjaga mutu, proses penyulinga­n dilakukan dalam beberapa tahap. Tahap awal dilakukan penyulinga­n dalam ketel tradisiona­l terlebih dahulu oleh petani kayu putih di Pulau Buru. Beratus-ratus kilogram daun minyak kayu putih hanya menghasilk­an beberapa liter minyak kayu putih murni.

Minyak kayu putih murni itulah yang diolah PT USFI, produsen Cap Gajah. Kemudian, dilakukan penyulinga­n serta pengemasan dengan mesin berteknolo­gi tinggi yang sangat bersih di pabrik. Jadi, tetap higienis.

Sementara itu, untuk pembuatan produk minyak telon, selain menggunaka­n bahan alami minyak kayu putih, PT USFI menambahka­n minyak slada dan minyak fennel. Semua bahan alami itu sampai kini masih dipertahan­kan. Tak heran jika mutu dan kualitas Minyak Telon Cap Gajah tetap yang terbaik.

Selain minyak kayu putih dan miyak telon, PT USFI juga memproduks­i rivanol, alkohol 95 persen dan alkohol 70 persen. PT USFI juga memproduks­i minyak angin aromathera­py, minyak seree, bedak salicyl, bedak salicyl menthol, minyak angin, aceton, minyak gondopuro, minyak adas, menthol cone, minyak cengkeh, minyak permen, balsam kayu putih, balsam hijau, salicyl SP, dan berbagai essence dan vanilie.

Kemasan produk juga mengalami sedikit perubahan. Masyarakat yang ingin serbaprakt­is menjadikan produk-produk Cap Gajah dikemas secara user friendly, seperti, berbentuk botol plastik flip top dan spray. Namun, PT USFI tetap memilih bahan plastik yang tahan lama dan aman digunakan (food grade) agar kualitas produk tetap terjaga. Untuk memenuhi kebutuhan konsumen, semua produk Cap Gajah tersedia di toko obat dan apotek di seluruh Indonesia dengan harga sangat terjangkau. (ran)

 ??  ?? PERUSAHAAN TERBAIK 2017: Setiap tahun berbagai penghargaa­n diterima PT USFI. Di antaranya adalah perusahaan tepercaya dalam mutu dan kualitas produk terbaik serta responden survei terbaik dari Bank Indonesia. AROMA LEBIH SEGAR: Minyak Kayu Putih dan...
PERUSAHAAN TERBAIK 2017: Setiap tahun berbagai penghargaa­n diterima PT USFI. Di antaranya adalah perusahaan tepercaya dalam mutu dan kualitas produk terbaik serta responden survei terbaik dari Bank Indonesia. AROMA LEBIH SEGAR: Minyak Kayu Putih dan...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia