Jawa Pos

Duo Indonesia Bersua di Final

-

JAKARTA – Tim voli putra Indonesia tampil menjanjika­n di Invitation Tournament atau test event Asian Games 2018. Dua tim yang turun sama-sama menang di semifinal sehingga terjadi all Indonesian final. Indonesia 1 lebih dulu memastikan satu tempat di partai puncak setelah mengandask­an Hongkong 3-1 (25-13, 23-25, 25-23, 25-20). Kemudian, Indonesia 2 berhasil menang atas Jepang 3-1 (26-24, 25-20, 23-25, 25-22) di laga kedua di Tennis Indoor, Senayan, kemarin (14/2).

Pelatih Jakarta Pertamina Energi yang mewakili Indonesia 1 Andri Widiyatmok­o mengapresi­asi permainan anak didiknya. Bermain konsisten dengan meminimalk­an kesalahan sendiri menjadi kunci. ’’Untuk final besok (hari ini, Red), kami akan tampil seperti biasa. Melakukan yang terbaik dan menjaga kondisi saja,’’ ucap pelatih kelahiran Jogjakarta itu.

Indonesia 2 tidak mau mengulangi kekalahan dari Indonesia 1 pada partai pembuka lalu. Melawan Jepang memberikan pelajaran berharga. ’’Taktik dan strategi pasti akan berubah,’’ ujar pelatih Indonesia 2 Samsul Jais. Servis keras dan receive yang mumpuni menjadi modal utama membangun serangan.

Melawan Jepang, Samsul menginstru­ksi para pemain untuk lebih kuat saat bertahan dan menyerang dari area dalam lapangan. Strategi tersebut sengaja dipilih karena pada tiga pertanding­an sebelumnya selalu mengandalk­an open spike dari sisi luar lapangan. Sigit Ardian dan Ramsil Huda menjadi senjata andalan dengan spike keras keduanya.

Alhasil, strategi itu berjalan mulus. Pemain Jepang cukup sulit membaca arah serangan Indonesia 2. ’’Saya bilang kepada para pemain, kalau kita menang, sudah pasti posisi ke-2. Tapi, jika kalah belum tentu nomor 3,’’ ungkap Samsul.

Pelatih Jepang Mayforth Gordon mengakui, tim Indonesia 2 bermain lebih baik. Menurut dia, final hari ini merupakan laga ideal.

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? TAJAM: Pevoli Indonesia 2 Sigit Ardian melakukan spike saat melawan Jepang di semifinal. Hari ini terjadi all Indonesian final yang berlangsun­g di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS TAJAM: Pevoli Indonesia 2 Sigit Ardian melakukan spike saat melawan Jepang di semifinal. Hari ini terjadi all Indonesian final yang berlangsun­g di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia