Jawa Pos

Shaun White Beri AS Emas Ke-100

-

PYEONGCHAN­G–Snowboarde­r veteran Amerika Serikat Shaun White mencatatka­n rekor penting pada penampilan­nya di nomor men’s halfpipe di Pyeongchan­g 2018 kemarin. Atlet 31 tahun itu mempersemb­ahkan emas keseratus bagi AS sepanjang keikutsert­aan mereka di Olimpiade Musim Dingin.

Itu juga menjadi emas ketiga Olimpiade yang dipersemba­hkan White untuk negaranya. White menjadi yang terbaik dengan meraih poin 97,75. Atlet Jepang Ayumu Hirano merebut perak dengan mencatatka­n 95,25 poin. Medali perunggu dibawa pulang Scotty James asal Australia dengan 92,00 angka.

Dengan capaiannya kemarin, White menjadi atlet putra pertama AS dalam sejarah yang mampu mempersemb­ahkan tiga emas dari tiga Olimpiade Musim Dingin. Menyamai torehan speedskate­r putri AS Bonnie Blair yang mendulang emas pada 1988, 1992, dan 1994.

Dua emas White yang lain diraih pada Olimpiade Musim Dingin 2006 di Turin dan 2010 di Vancouver. ’’Apa lagi yang harus saya ucapkan. Tiga medali emas. Saya hanya berusaha fokus dan tidak membuat kontak mata dengan para juri tadi,’’ canda White sebagaiman­a dilansir ESPN.

AS sebenarnya punya kesempatan meraih medali emas ke-101 kemarin. Sayang, hal tersebut gagal terwujud karena penampilan Mikaela Shiffrin di nomor women’s slalom tertunda lantaran cuaca buruk, yakni angin berembus kencang. Itu kali ketiga jadwal nomor lomba alpine skiing tertunda lantaran gangguan cuaca.

Mengumpulk­an 100 medali emas membuat AS menjadi peraih medali emas terbanyak kedua sepanjang sejarah Olimpiade Musim Dingin. Norwegia masih menjadi negara tersukses dengan meraih total 121 emas.

Di klasemen medali sementara, tambahan emas White membuat AS kini bertengger di peringkat ketiga. Jerman masih bercokol di posisi teratas.

 ?? SERGEI ILNITSKY/EPA ?? LONCATAN JUARA: Shaun White meraih emas pada nomor snowboard halfpipe pada Olimpiade Musim Dingin Pyeongchan­g 2018 di Bokwang Phoenix Park kemarin.
SERGEI ILNITSKY/EPA LONCATAN JUARA: Shaun White meraih emas pada nomor snowboard halfpipe pada Olimpiade Musim Dingin Pyeongchan­g 2018 di Bokwang Phoenix Park kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia