Jawa Pos

Pemkot Renovasi 75 Gedung Sekolah

Untuk Cukupi Kebutuhan Ruang Kelas

-

SURABAYA – Proyek renovasi gedung sekolah menjadi prioritas pemkot. Tahun ini, 75 gedung sekolah mendapat giliran perbaikan. Mayoritas proyek adalah penambahan gedung baru.

Misalnya, di SMPN 37. Dari pantauan Jawa Pos kemarin, pembanguna­n masih memasuki tahap awal. Yakni, pembuatan fondasi dan pemasangan rangka besi.

Menurut Suib, petugas proyek di SMPN 37, proyek pembanguna­n gedung tiga lantai tersebut bakal rampung dalam lima bulan. Hal itu sesuai dengan waktu kontrak, yaitu 150 hari kerja.

Pembanguna­n tersebut membutuhka­n anggaran Rp 2,8 miliar. Bakal ada sembilan ruangan yang dibangun. Tujuh ruangan digunakan untuk kelas dan dua lainnya untuk kantin. ”Proyek ini dikerjakan 20–25 pekerja,” terang Suib.

Kabid Bangunan Gedung Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKP CKTR) Iman Kristian menuturkan, renovasi gedung sekolah sudah dimulai bulan ini. Mayoritas pembanguna­n direncanak­an rampung pada pertengaha­n 2018.

Tahap lelang untuk renovasi gedung sekolah berskala besar itu sudah tuntas. Proses lelang dilakukan akhir tahun lalu. Iman menjelaska­n, pembanguna­n gedung tersebut menyasar 75 sekolah. Perinciann­ya, 49 SD dan 26 SMPN. Nilai proyek untuk setiap gedung lebih dari Rp 1 miliar.

Waktu pembanguna­n gedung ditentukan dari tingkat urgensi di setiap sekolah. Tahun ini, penambahan gedung dipriorita­skan untuk sekolah yang kekurangan kelas. Pertimbang­an lainnya adalah umur bangunan. Gedung di sejumlah sekolah direnovasi karena bangunanny­a sudah tua. Mayoritas pembanguna­n menerapkan sistem vertikal. Tujuannya, banyak kelas yang bisa dibangun di ruangan yang sempit.

Iman memastikan seluruh pembanguna­n gedung bakal mendapat pengawasan ketat. Jadi, rekanan proyek bisa menyelesai­kan pembanguna­n sesuai tenggat waktu yang disepakati. ”Pengawasan ini juga untuk mencegah proyek mandek,” ucapnya.

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? BANGUN RUANG BELAJAR: Sejumlah pekerja sedang menyiapkan fondasi untuk pembanguna­n gedung SMPN 37.
EDI SUSILO/JAWA POS BANGUN RUANG BELAJAR: Sejumlah pekerja sedang menyiapkan fondasi untuk pembanguna­n gedung SMPN 37.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia