Jawa Pos

Tambah Jaringan 5 Kilometer

Air Bersih untuk Benowo dan Pakal

-

SURABAYA – PDAM Surya Sembada Surabaya memperluas jaringanny­a. Tahun ini perusahaan yang bergerak di bidang distribusi air bersih tersebut mengembang­kan jaringan air baru di wilayah Surabaya Barat.

Humas PDAM Surya Sembada Surabaya Agus Subagyo menyatakan, pihaknya menyiapkan jaringan yang akan melintasi Romokalisa­ri, Kecamatan Benowo, hingga Sumberejo, Kecamatan Pakal. Panjangnya mencapai 5,5 kilometer.

’’Jaringan itu dibuat khusus untuk kawasan Benowo dan Pakal. Progres pengerjaan­nya saat ini masuk tahap lelang,’’ tutur pria asal Sidoarjo tersebut kemarin (14/2).

Perluasan jaringan distribusi air itu diharapkan bisa memenuhi kebutuhan warga. ’’Sampai sekarang, memang masih banyak keluhan masalah air tidak keluar. Diharapkan, dengan penambahan pipa jaringan tersebut, kondisinya berubah lebih baik,’’ ujarnya.

Berdasar informasi yang dihimpun, hingga kini, ada sejumlah warga yang kekurangan air bersih. Di Kelurahan Sumberejo, Pakal, misalnya. Aliran air kerap mampet. Yang paling parah terjadi pada pertengaha­n 2017. Air mampet selama 1,5 tahun. Selama itu PDAM mendistrib­usikan air dengan menggunaka­n kendaraan khusus.

Pipa yang dibangun bakal terhubung dengan reservoir Osowilangu­n. PDAM menyelesai­kan proyek reservoir yang sempat mangkrak tersebut awal tahun ini. Proyek itu dilelang sejak 2016, tapi PDAM sempat memutus kontrak tersebut dengan kontraktor karena berjalan lambat.

Aliran air reservoir itu belum banyak bermanfaat. Sebab, kawasan Osowilangu­n belum banyak berkembang. Penduduk yang mendiami wilayah tersebut hanya sedikit. Wilayah itu didominasi area pergudanga­n.

Penambahan jaringan tersebut merupakan salah satu prioritas kerja PDAM tahun ini. Selain itu, mereka akan mempercepa­t pembanguna­n reservoir dan pompa di tiga lokasi. Yakni, Pegirian, Made, dan Kalijudan. ’’Dengan adanya reservoir baru tersebut, semoga suplai air di sejumlah wilayah semakin cepat,’’ tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia