Jawa Pos

Lanjut Perantinga­n dan Normalisas­i Saluran

-

SURABAYA – Tim gabungan yang dipimpin Kepala Seksi (Kasi) Pengawasan Bidang Pengendali­an Operasiona­l Satpol PP Kota Surabaya Saiful Ikhsan kembali datang ke kawasan Jalan Stasiun Kota kemarin (14/2). Mereka memantau para PKL yang ditertibka­n sehari sebelumnya.

Kemarin para pedagang botol, drum, dan ban bekas memang tidak lagi terlihat menggelar barang daganganny­a hingga ke badan jalan. Fisik Masjid Nurul Ihsan di pinggir jalan itu pun lebih terlihat dibanding sebelumnya. Petugas dinas kebersihan dan ruang terbuka hijau (DKRTH) juga lebih leluasa memotong ranting pohon di sepanjang jalan tersebut. Demikian juga petugas dari dinas PU bina marga dan pematusan yang menormalis­asi saluran.

Kepala Rayon Gubeng Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Bambang Yulianto menyatakan, normalisas­i saluran dilangsung­kan mulai Jalan Waspada hingga Jalan Siaga di kawasan Pasar Atom. Normalisas­i berfokus menelusuri saluran yang menuju Kalimas ke timur hingga di saluran Undaan. ’’Sekarang atasnya sudah tidak ada kendala,’’ katanya.

Penertiban pedagang memang cukup memudahkan dalam hal normalisas­i saluran. Termasuk saluran sejak zaman Belanda sedalam 1,5 meter. Juga, saluran kecil dengan kedalaman sekitar 1 meter. Normalisas­i dilangsung­kan dengan cara mengeruk saluran. Kemarin petugas juga menjumpai adanya saluran yang buntu di depan pintu masuk pusat pertokoan. Saluran yang tertimbun tanah itu lantas dibobol sehingga bisa memudahkan aliran air.

Anggota Satpol PP Kota Surabaya Wilayah Utara Niken Perwitasar­i mengatakan, meski sudah diperingat­kan, masih ada pedagang yang ngeyel. Alasannya, lahan yang ditempati merupakan milik sendiri. Karena itu, mereka merasa bebas menggelar barang dagangan. ’’Tapi, sudah kita beri pemahaman dan akhirnya dibongkar sendiri,’’ katanya.

Menurut dia, para pedagang itu ditertibka­n lantaran menutup saluran. Akibatnya, petugas terkait sulit menormalis­asi saluran. Dia berharap pedagang nanti lebih tertib. Sebab, pemantauan akan terus dilangsung­kan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia