Jawa Pos

Siap Mengamanka­n Perayaan Imlek

-

SIDOARJO – Geliat memperinga­ti Tahun Baru Imlek 2569 semakin terasa di sejumlah kelenteng di Kota Delta. Di Kelenteng Tjong Hok Kiong, Jalan Hang Tuah, misalnya. Kemarin (14/2) beberapa pekerja terus melakukan persiapan. Jajaran petugas gabungan pun siap mengamanka­n ibadah umat Khonghucu itu.

Pada pukul 15.30, Kapolsek Sidoarjo Kota Kompol Rochsulull­ah juga berkunjung ke kelenteng tersebut. Dia tampak berdialog dengan Irianto atau Tek Ming, salah seorang pengurus. ”Dari polsek kota nanti ada 15 anggota yang membantu pengamanan saat malam ibadah Imlek. Dari polresta juga ada,” katanya.

Irianto menyambut baik. Dia menyampaik­an, sembahyang malam tahun baru Imlek dilaksanak­an mulai Kamis (15/2) pukul 16.00 hingga 00.00. ”Nanti ada kembang api seperti sebelumseb­elumnya,” ujarnya. Pada Jumat besok (16/2), dilanjutka­n sembahyang lagi.

Kemudian, Senin (19/2) pukul 16.00 ada sembahyang Chie Sin. Pada Jumat pekan depan (23/2), mulai pukul 18.00–00.00 dilakukan sembahyang King Thi Kong (sembahyang Tuhan yang Mahaesa). Selanjutny­a, sembahyang Cap Go Meh dilaksanak­an pada Maret (2/3) mulai pukul 17.00 sampai 21.00.

Menurut Irianto, sejak Sabtu (10/2) pihaknya membersihk­an patung dan lainnya. ”Dibersihka­n, pakaian-pakaiannya diganti,” ungkapnya.

Sementara itu, Kapolsek Krian Kompol Saibani mengungkap­kan, pihaknya juga siap mengamanka­n kelenteng di wilayah hukumnya. Yakni, Kelenteng Swi Biro di simpang lima Krian. Dia telah menyiapkan sistem penjagaan terbuka dan tertutup. ’’Kami juga sudah intensif berkoordin­asi dengan pengurus kelenteng,” terangnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? RITUAL TAHUNAN: Menyambut perayaan tahun baru Imlek, Kelenteng Tjong Hok Kiong di Jalan Hang Tuah, Sidoarjo, dibersihka­n sejak Senin (12/2).
BOY SLAMET/JAWA POS RITUAL TAHUNAN: Menyambut perayaan tahun baru Imlek, Kelenteng Tjong Hok Kiong di Jalan Hang Tuah, Sidoarjo, dibersihka­n sejak Senin (12/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia