Jawa Pos

Anak-Anak Terserang Sesak Napas

-

SANGATTA – Puskesmas Teluk Lingga, Kecamatan Sangatta Utara, tidak pernah absen dari pasien penderita bronchopne­omunea atau penderita batuk dan sesak asma. Tiap hari tak kurang dari lima pasien di bawah usia 14 tahun mendapatka­n perawatan di ruang unit gawat darurat (UGD).

Kepala Puskesmas Teluk Lingga dr Suriani saat dikonfirma­si melalui Kepala Ruang UGD Muhamad Apandi mengungkap­kan, sebagian besar pasien berasal dari keluarga perokok aktif. ”Dari 10 pasien yang ditangani, delapan di antaranya bapaknya perokok,” ujarnya.

Dia menambahka­n, selain akibat asap rokok, penyakit tersebut biasanya muncul akibat debu. Dugaan itu cukup logis karena polusi udara yang disebabkan debu di Sangatta sangat parah. ”Di tempat kita jalannya berdebu. Belum lagi dekat area tambang,” tuturnya.

Cara penanganan pasien dengan sesak asma, sambung dia, adalah dengan pemberian nebulizer atau uap. Nebulizer umumnya berupa cairan yang diberi obat bronkodila­tor dan ekspektora­n. Bronkodila­tor berfungsi untuk melebarkan otot-otot saluran pernapasan, sedangkan ekspektora­n sebagai pengencer dahak.

Cairan itu akan diubah menjadi uap oleh nebulizer, kemudian diberikan kepada penderita dengan cara menghirup uapnya. Nebulizer cenderung diberikan kepada bayi atau anakanak karena usia tersebut belum mampu mengeluark­an dahak secara optimal.

Orang tua yang tidak ingin buah hatinya terserang penyakit itu bisa melakukan antisipasi sejak dini. ”Jauhkan anak-anak dari asap rokok. Anggota keluarga jangan merokok di dalam rumah. Habis merokok jangan cium anak, apalagi umurnya masih di bawah 3 tahun,” ujar Suriani.

 ?? ISTIMEWA ?? DAMPAK POLUSI: Pasien batuk dan sesak napas usia balita mendapatka­n perawatan dengan bantuan nebulizer di Puskesmas Teluk Lingga, Sangatta Utara. Akhir-akhir ini puskesmas tersebut menangani banyak kasus bronchopne­omunea pada anak yang diduga akibat...
ISTIMEWA DAMPAK POLUSI: Pasien batuk dan sesak napas usia balita mendapatka­n perawatan dengan bantuan nebulizer di Puskesmas Teluk Lingga, Sangatta Utara. Akhir-akhir ini puskesmas tersebut menangani banyak kasus bronchopne­omunea pada anak yang diduga akibat...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia