Jawa Pos

Penonton Butuh Hiburan Segar dan Bikin Tertawa

FREDERICA

-

Salah satu rumah produksi yang rajin merilis film komedi setiap tahun adalah Falcon Pictures. Beberapa film komedinya sukses besar. Misalnya, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 yang menjadi film Indonesia terlaris dengan 6,8 juta penonton. Berikut obrolan wartawan Jawa Pos Glandy Burnama dengan produser Falcon Pictures. Penggemar komedi berasal dari berbagai kalangan. Mengapa genre komedi masih menjadi idaman?

Kami selalu menggunaka­n riset dan data untuk pertimbang­an. Dari dua hal itu, kami sadar bahwa orang ke bioskop untuk cari hiburan segar, ringan, dan bikin tertawa. Karena itu, genre komedi masih unggul.

Bagaimana caranya agar film komedi tetap punya nilai lebih?

sampai cast (pemeran) yang populer dan sudah punya nama.

Apa yang selalu Anda perhatikan saat hendak memproduks­i film komedi?

Yang pertama adalah premis. Film harus memiliki kejelasan konsep, jalan cerita, dan bisa related dengan masyarakat. Yang kedua adalah produksi yang mengedepan­kan kualitas. Lalu, promosi yang menarik dan inovatif. Terakhir adalah people oriented. Jadi, semua hal yang dilakukan harus sesuai dengan kondisi dan kebutuhan audiens.

Dalam pembuatan film komedi, apakah tim Anda selalu melakukan riset khusus?

Selain survei, biasanya ada focused group discussion (FGD) dengan orangorang yang representa­tif atau sesuai konten dan target film. Dari diskusi tersebut, rumah produksi akan mendapat banyak masukan terkait perilisan film agar lebih sesuai dengan selera penonton.

Falcon Pictures sukses mengadapta­si legenda komedi Indonesia. Mengapa tertarik untuk mengerjaka­n hal itu?

Fans Warkop atau komedian legendaris itu banyak sekali, lho. Saat film-film mereka diputar di televisi ketika liburan, banyak yang menonton. Selain itu, dengan mengangkat legenda komedi, kami ingin menjaga legacy (warisan) di masa kini.

 ??  ?? Dalam sebuah film komedi, harus ada hal lain yang punya kekuatan, alih-alih hanya cerita komedi. Misalnya, efek visual yang bagus, jalan cerita yang seru,
Dalam sebuah film komedi, harus ada hal lain yang punya kekuatan, alih-alih hanya cerita komedi. Misalnya, efek visual yang bagus, jalan cerita yang seru,

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia