Jawa Pos

Kombinasi Terbaik Mercedes dan Ferrari

-

GROVE – Williams telah merilis mobil terbarunya untuk musim 2018, FW41. Ini adalah mobil pertama yang mendapatka­n sentuhan langsung dari mantan Direktur Eksekutif Mercedes Paddy Lowe dan mantan Kepala Aerodinami­ka Ferrari Dirk de Beer. Mobil ini disebut-sebut perwujudan kombinasi unsur-unsur terbaik dari Ferrari dan Mercedes.

Lowe dan De Beer datang ke Williams awal musim 2017, yakni ketika mobil FW40 sudah rampung dibangun. Pada mobil edisi terbaru ini, Lowe menyebut banyak terjadi perubahan radikal. Meski tetap menggunaka­n mesin Mercedes, ada sejumlah perubahan besar untuk menyesuaik­an pengembang­an mesin baru. ’’Mobil ini memiliki banyak fitur baru. Sebagian besar menyasar sisi aerodinami­ka. Kami ingin mengejar konsep aerodinami­ka yang sama sekali berbeda,’’ ucap Lowe.

Selain terlihat beda karena penambahan pelindung ’’halo’’ di atas kokpit, perubahan signifikan lainnya tampak pada sirip panjang melandai yang berdiri di atas penutup mesin. Williams FW41 akan dikendarai dua pembalap muda minim pengalaman Lance Stroll dan rookie Sergey Sirotkin. Namun, keduanya akan didukung pembalap cadangan dan pengembang­an Robert Kubica. Skuad asal Grove, Oxfordshir­e, Inggris, itu berambisi memperbaik­i posisinya di klasemen konstrukto­r setelah musim lalu hanya finis di urutan kelima di belakang Force India.

’’Dengan musim balap yang segera kembali, saya sudah tidak sabar bisa turun lagi ke lintasan untuk melihat bagaimana mobil baru ini bekerja,’’ ujar Stroll. Pada musim debut tahun lalu, pembalap Kanada berusia 19 tahun itu sukses menjadi pembalap termuda sepanjang sejarah F1 yang mampu finis di podium. Dia juga sukses menjadi pembalap termuda yang start di baris terdepan.

Sirotkin bergabung setelah menjadi pembalap uji Renault tahun lalu. Kabarnya, dia juga membawa sponsor besar untuk menambah pundi-pundi Williams yang selama beberapa tahun terakhir memang sedang kesulitan finansial.

 ??  ??
 ?? WILLIAMS RACING ?? PERUBAHAN BESAR: Mobil baru Williams FW41 resmi diperkenal­kan kemarin. Perubahan paling mencolok dari mobil ini adalah pelindung halo di atas kokpit.
WILLIAMS RACING PERUBAHAN BESAR: Mobil baru Williams FW41 resmi diperkenal­kan kemarin. Perubahan paling mencolok dari mobil ini adalah pelindung halo di atas kokpit.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia