Jawa Pos

Tunda Belanja, Nonton Barongsai Dulu

-

SURABAYA – Kehadiran barongsai dan liong di Lenmarc Mall Surabaya disambut antusias pengunjung. Bukan hanya anakanak, pengunjung dewasa pun tertarik. Mereka menghentik­an langkah sejenak untuk menyaksika­n pertunjuka­n yang khas dengan budaya Tionghoa tersebut.

Sedarwati, warga Manukan Lor, awalnya berniat untuk berbelanja bersama cucu-cucunya pada hari libur Imlek. Karena ada pertunjuka­n barongsai, dia tidak langsung menuju pusat perbelanja­an. ’’Belanja nanti, nonton barongsai dulu saja,’’ ujarnya kemarin (16/2).

Azkawina Belva Zahraina dan Anagabryan Agoero, cucu Sedarwati, juga tidak kalah antusias. Keduanya mendekati singa barongsai dan meminta foto. Barongsai pun membalas dengan melemparka­n dua cokelat koin yang dibungkus plastik. Pengunjung yang lain pun ikut antusias. Mereka bergantian memberikan angpao yang dibungkus dalam amplop kertas berwarna merah.

Ada dua singa barongsai yang unjuk kebolehan. Yakni, singa kuning dan merah. Mereka memperagak­an atraksi kursi, atraksi lantai, dan gerakan barongsai kembar. Disusul atraksi liong yang dimainkan sembilan orang. Mereka memainkan gerakan pai, kupu-kupu, perahu, dan rol. ’’Total ada 22 pemain yang ikut dalam pertunjuka­n ini,’’ kata Manager The Knight Dragon Noviani.

Setelah beratraksi di panggung, barongsai berkelilin­g area mal. Suara musik pengiring bergema membuat anak-anak tertarik untuk mendekat. Atraksi keliling area mal dilakukan hingga pukul 15.00. Selanjutny­a, pada pukul 16.00, para pengunjung dimanjakan alunan irama lembut dari grup musik tradisiona­l Tiongkok.

 ?? GUSLAN GUMILANG / JAWA POS ?? KELILING MAL: Liong yang dimainkan oleh The Knight Dragon menghibur pengunjung Lenmarc Mall kemarin (16/2). Selain itu, ada barongsai juga.
GUSLAN GUMILANG / JAWA POS KELILING MAL: Liong yang dimainkan oleh The Knight Dragon menghibur pengunjung Lenmarc Mall kemarin (16/2). Selain itu, ada barongsai juga.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia