Jawa Pos

Perusahaan Sanggup Pasang CCTV

Untuk Cegah dan Ungkap Kasus Kejahatan Jalanan

-

GRESIK – Era baru pengamanan kota bakal mulai berjalan di Kota Pudak. Jalan-jalan protokol segera dilengkapi dengan closed circuit television (CCTV). Perusahaan peduli dengan siap memasang kamera pengintai itu di jalan. Bisa mencegah kejahatan jalanan.

Tercatat sudah delapan perusahaan menyediaka­n diri. Kasatlanta­s Polres Gresik AKP Wikha Ardilestan­to sebenarnya sudah mengajak kerja sama 20 perusahaan. Namun, baru delapan perusahaan yang memastikan sanggup. ”Yang lain masih kami upayakan,” ujarnya kemarin (16/2).

Saat ini satlantas terus menyurvei lokasi perusahaan yang sudah bersedia itu. Kerja sama dengan swasta sangat membantu. Buktinya, salah satu perusahaan malah siap memasang 20 CCTV di lokasi berbeda.

Beberapa perusahaan lain sepakat memasang kamera CCTV di depan kantor. Sebab, kantor perusahaan itu berada di tepi jalan raya. Misalnya, PT Indomarco Prismatama yang berlokasi di Jalan Raya Duduksampe­yan dan PT Karunia Alam Segar (KAS) di Jalan Raya Manyar. Satlantas juga bekerja sama dengan Dinas Perhubunga­n (Dishub) Kabupaten Gresik.

Di manakah lokasi prioritas pemasangan CCTV? Menurut rencana, sebut Wikha, pemasangan kamera CCTV difokuskan di ruas-ruas jalur tengkorak. Misalnya, Jalan Raya Duduksampe­yan, Jalan Raya Cerme, Jalan Raya Menganti–Kedamean, Jalan Raya Driyorejo, dan Jalan Raya Manyar. ”Senin pekan depan dirapatkan lagi,” katanya.

Menurut alumnus Akpol 2007 itu, pemasangan CCTV sangat berguna untuk mengungkap kasus-kasus yang sulit dipecahkan. Sebut saja kasus tabrak lari, pencurian kendaraan bermotor (curanmor), pembegalan, maupun penjambret­an.

Selama ini, polisi kerap sulit mengungkap pelaku tabrak lari. Total ada 36 kasus tabrak lari yang menelan korban tewas. Pelakunya belum bisa ditemukan hingga saat ini. Itu terjadi karena minimnya saksi di tempat kejadian perkara (TKP).

Rekaman CCTV bisa menjadi bukti digital. ”Nanti dicocokkan, di mana TKP-nya, kapan kejadianny­a,” papar polisi dengan tiga balok di pundak itu.

Hal senada diungkapka­n Kasatreskr­im Polres Gresik AKP Adam Purbantoro. Pemasangan CCTV bisa mempermuda­h polisi mengungkap kasus-kasus kejahatan. Pelaku kejahatan bakal berpikir dua kali kalau hendak beraksi. ”Bisa sekaligus mencegah aksi kejahatan,” terangnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia