Jawa Pos

Pendaftara­n SNM PTN Kurang Empat Hari Lagi

-

SURABAYA – Pendaftara­n seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri (SNM PTN) empat hari lagi. Yaitu, 21 Februari sampai 6 Maret. Masing-masing PTN terus menggiatka­n sosialisas­i ke sekolah-sekolah.

Rektor Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran Jatim Profesor Teguh Soedarto mengatakan, UPN menggerakk­an tim untuk sosialisas­i tersebut. Mereka sekaligus mengenalka­n prodi-prodi di UPN. ”Kami juga membagi tugas dengan PTN lain yang ada di bawah panitia lokal (panlok) 50,” katanya.

Pada 2018 ini, UPN membuka peluang cukup besar untuk masuk ke kampus tersebut. Total 3 ribu kuota. Tahun lalu ada 2.600 calon mahasiswa baru (camaba). Saat ini sudah diangkat 69 dosen baru untuk mengajar di kampus yang berlokasi di kawasan Kecamatan Gununganya­r itu. ”Kami sudah membenahi ruang kuliah untuk menyambut calon mahasiswa baru,” ujar dia.

Prof Teguh menuturkan, daya tampung mahasiswa baru UPN itu tentu diikuti dengan peningkata­n kualitas pendidikan. Untuk SNM PTN, UPN memberikan kuota 35 persen dari total daya tampung. Adapun seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri (SBM PTN) dijatah 35 persen dan jalur mandiri 30 persen. ”Sama persis dengan tahun lalu,” ujarnya.

Dalam waktu dekat, para siswa kelas XII mulai masuk tahap pendaftara­n SNM PTN. Siswa harus benar-benar selektif dalam memilih prodi dan kampus. Mereka bisa mulai mencari informasi di PTN yang akan dipilih. Yang paling penting adalah melihat daya tampung prodi masing-masing PTN. ”Harus bisa memperhitu­ngkan peluang. Sekaligus mengukur kemampuan diri. Kira-kira akan bersaing di mana,” paparnya.

Panitia Pusat SNM PTN Ismaini Zain menyatakan, pendaftara­n SNM PTN semakin dekat. Panitia akan mengunggah daya tampung prodi masing-masing PTN ke website snmptn.ac.id. Itu bisa menjadi panduan siswa untuk mengetahui keketatan setiap prodi saat SNM PTN tahun lalu. ”Diikuti dengan jumlah peminat tahun lalu,” katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia