Jawa Pos

Tawarkan Solusi untuk Hunian Sempit

-

SURABAYA – Desain interior semakin memegang peran penting bagi kehidupan warga kota modern. Asal ditata menarik, tempat tinggal berukuran sempit pun menjadi nyaman dihuni. Mahasiswa Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) menawarkan solusi itu dalam pameran di Gedung Riset ITS kemarin (16/2).

Ketua Panitia Spasial 2018 Indianna Putri Dharmawan mengatakan, event dua tahunan itu kali ini bertema Kotakotak atau kota kotak. Tema tersebut mengacu pada problem hunian kota modern.

Lahan semakin sempit. Butuh inovasi tepat agar hunian tetap nyaman. ”Sebagai calon desainer interior, kami memberikan solusi untuk hunian yang sangat semakin terbatas,” ujarnya.

Menurut Putri, bangunan sempit masih dapat ditata dengan sangat nyaman. Syaratnya, desain interior bisa mengatur luas dan isi bangunan sesuai dengan kebutuhan. Mulai kamar tidur, ruang tamu, dapur, dan sebagainya. ”Perlu sekali orang tahu tentang pentingnya desain interior,” tambahnya.

Total, ada seratus karya mahasiswa Departemen Desain Interior ITS yang dipamerkan. Mulai sketsa, string art, furniture, hingga maket rumah. Seluruh mahasiswa angkatan 13–17 membuat karya masing-masing. Namun, hanya karya yang terseleksi yang masuk pameran Spasial 2018.

Pameran Spasial 2018 juga mengundang masyarakat umum. Mereka diundang mengikuti workshop dan talk show tentang desain interior. Diharapkan, masyarakat lebih mengenal desain interior yang kini sangat dibutuhkan untuk modern living. ”Kami undang juga siswa untuk ikut lomba mading bertema Desain Interior,” tandas Putri.

 ?? DIKA KAWENGIAN/JAWA POS ?? SOLUTIF: Dari kiri, Fiditya Daisy, Griselda Gian, dan Rizka Adyarini melihat karya-karya mahasiswa dalam Pameran Spasial 2018 di Gedung Riset ITS kemarin.
DIKA KAWENGIAN/JAWA POS SOLUTIF: Dari kiri, Fiditya Daisy, Griselda Gian, dan Rizka Adyarini melihat karya-karya mahasiswa dalam Pameran Spasial 2018 di Gedung Riset ITS kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia