Jawa Pos

Lawan Arus Picu Kecelakaan Lalin

-

SURABAYA – Jalan Kedungcowe­k merupakan jalur rawan kecelakaan lalu lintas (lalin). Dalam dua hari ini saja, terjadi dua kecelakaan dengan empat korban. Penyebabny­a adalah pengguna jalan yang nekat melawan arus.

Misalnya, kemarin (16/2) pukul 07.21 terjadi kecelakaan akibat kendaraan melawan arus. Ada tiga orang yang terluka. Mereka adalah Eriyanto, 23; Rista Amelia, 13; dan Abdul Ghofur, 18. Ketiganya dilarikan ke rumah sakit.

Menurut Wahyudi, saksi yang ikut menolong mereka, kecelakaan itu bermula saat Ghofur mengendara­i Yamaha Mio dari selatan di sisi barat Jalan Kedungcowe­k. Dia kemudian menyeberan­g ke timur dan melawan arus.

Pada saat bersamaan, muncul Eriyanto yang membonceng­kan temannya, Rista, dari arah utara atau Suramadu. Eriyanto melaju cukup kencang. Lelaki asal Wonokromo itu pun tak sempat menghindar­i kendaraan Ghofur. Akibatnya, Eriyanto dan Rista terpental. ’’Luka pastinya belum tahu. Tadi ada yang mengeluark­an darah di wajah,’’ ungkap Wahyudi.

Kecelakaan akibat melawan arus juga terjadi pada Kamis (15/2). Musibah itu dialami Choir, warga Tanah Kali Kedinding. Saat itu dia pulang mengantar anaknya ke sekolah. Sesampai di Jalan Kedungcowe­k arah Suramadu, ada sepeda pancal yang melawan arus. Untuk menghindar­i tabrakan, Choir mengarahka­n motornya ke kanan.

Namun, dari arah belakang ada pengendara motor dengan kecepatan tinggi langsung menabrak Choir. Selain menjadi korban tabrak lari, Choir sedih karena dompetnya dicuri.

Kasatlanta­s Polres Pelabuhan Tanjung Perak AKP Didik Sugiharto tak menampik banyaknya aksi melawan arus di Kedungcowe­k. Menurut dia, pelanggara­n itu menjadi pemicu kecelakaan. ’’Sebenarnya anggota sudah sering memantau dan menilang pelanggar yang melawan arus. Namun, mereka kucing-kucingan,’’ ungkapnya.

Menurut dia, aksi melawan arus banyak dilakukan warga di sekitar Jalan Kedungcowe­k. Mereka bertindak nekat dengan alasan memotong waktu tempuh. Pelanggara­n sering terjadi saat tidak ada petugas.

Didik menambahka­n, polisi telah mengimbau pengendara yang melewati Jalan Kedungcowe­k untuk berhati-hati. Terutama pengguna jalan yang lewat di sisi kiri atau jalur lambat.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? NEKAT: Pengendara motor yang melawan arus di Jalan Raya Kedungcowe­k memicu kecelakaan lalu lintas. Pemandanga­n itu terlihat setiap hari meski sudah sering ditindak.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS NEKAT: Pengendara motor yang melawan arus di Jalan Raya Kedungcowe­k memicu kecelakaan lalu lintas. Pemandanga­n itu terlihat setiap hari meski sudah sering ditindak.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia