Jawa Pos

Tegang Melawan Tim Satu Sekolah

-

SURABAYA – SMA Santa Maria menuai sukses besar dari ajang UISI Logic Competitio­n 2018. Empat siswa SMA Santa Maria menyabet juara dalam ajang yang digelar di Universita­s Internasio­nal Semen Indonesia (UISI) itu. Satu kelompok, Christiant­o Imanuel Aryanto dan Emmanuel Maximus Yohanes, mendapat juara pertama tingkat nasional. Sedangkan kelompok lainnya, Marvella Lingadi dan Aldo Yaputra Hartono, menduduki peringkat ketiga.

Kemarin (21/2) mereka menceritak­an keseruan selama mengikuti kompetisi pada awal Februari itu. ’’Kami bersaing sama teman sendiri dalam final,’’ ungkap Christiant­o. Tahap awal seleksi dilakukan secara online. Kelompok yang lolos mengikuti semifinal di UISI. Pertanding­an berlanjut sampai final.

Dalam lomba berbagai soal logika tersebut, mereka dituntut memecahkan soal yang dipersiapk­an panitia. Daya pikir dan ketangkasa­n sangat dibutuhkan. Soal-soal logika yang membuat peserta harus berpikir panjang sekaligus runut. ’’Ada juga soalnya dalam bentuk game. Tapi, tetap saja menuntut logika untuk memecahkan kasusnya,’’ terang siswa kelas XII IPA II tersebut. Bentuk permainan dibuat beragam. Salah satunya menjalanka­n robot di area khusus.

Yang lebih seru, nilai dua kelompok itu sempat berkejaran. Tahap terakhir babak final membuat mereka semakin tegang. Mereka berpacu dengan waktu untuk segera menyelesai­kan soal dengan benar. Semakin cepat memberikan jawaban tepat, semakin besar pula poin yang didapatkan. ’’Tapi, akhirnya kami yang menang,’’ sahut Emmanuel.

Marvella dan Aldo harus mengakui keunggulan rekannya itu. ’’Sama-sama dapat juara, sudah senang,’’ kata Marvella. Mereka berempat memang dikenal sangat suka pelajaran matematika. Mereka juga mengikuti ekstrakuri­kuler programmin­g di sekolah. Karena itulah, mereka mengaku sudah terbiasa menghadapi soal-soal logika.

 ?? BRIANIKA IRAWATI/JAWA POS ?? TANGKAS: Dua kelompok dari SMA Santa Maria membawa pulang juara dari UISI Logic Competitio­n 2018.
BRIANIKA IRAWATI/JAWA POS TANGKAS: Dua kelompok dari SMA Santa Maria membawa pulang juara dari UISI Logic Competitio­n 2018.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia