Jawa Pos

Napi Bersalin, Bayi Diserahkan ke Keluarga

-

SIDOARJO – Dua tahanan dan narapidana (napi) di Lapas Kelas II-A Sidoarjo menjalani persalinan di tengah permasalah­an hukum yang dihadapi. Jumlah tersebut terhitung sejak awal tahun ini.

Salah satu napi yang mengalami nasib tersebut adalah Fitri I. Kemarin (21/2) napi kasus penipuan itu kembali lagi ke lapas setelah menjalani persalinan pada Minggu (18/2) di RSUD Sidoarjo.

Punggung tangan kirinya masih terdapat perban kecil bekas jarum infus. Pada pergelanga­n tangan yang sama tampak gelang identitas biru yang belum terlepas. Dia mengenakan pakaian terusan panjang. Di dalam baju tersebut terdapat jarit yang dikenakan. Saat berdiri, dia meringis. Tampak kesakitan.

Fitri belum mampu berjalan cukup jauh dari teras lapas menuju blok W yang lokasinya di belakang. ’’Saat mau melahirkan kami rujuk ke rumah sakit,’’ kata Kasubsi Bimbingan Perawatan dan Kemasyarak­atan Rudi Kristiawan.

Saat kembali ke tahanan, Fitri sendirian. Keluarga yang menemaniny­a hanya mengantar sampai teras lapas saja. Tidak tampak bayi yang dibawa. Keluargany­a juga tidak terlihat menggendon­g bayi untuk dibawa ke rumah.

Menurut dr Titiek Woelandari S., dokter lapas, bayi perempuan yang divonis pidana penjara selama setahun itu masih berada di rumah sakit. Bayi tersebut perlu mendapat perawatan intensif lebih dulu. ’’Menurut informasi, bayinya kemasukan air ketuban,’’ katanya.

Setelah dirawat, bayi itu sangat mungkin tidak dibawa ke bui. Tetapi langsung dirawat keluargany­a di rumah. Alasannya, kondisi dalam tahanan tidak memungkink­an untuk membesarka­n bayi. Selain keadaan yang penuh sesak, udara dalam penjara tidak segar sebagaiman­a di luar tahanan. ’’Rata-rata bayi langsung dibawa ke rumah,’’ ucap Titiek.

 ??  ??
 ??  ??
 ?? MAYA APRILIANI/JAWA POS ?? KEMBALI DITAHAN: Fitri diantar ke blok W dengan kursi roda. Dia baru saja melahirkan di RSUD Sidoarjo pada Minggu (18/2).
MAYA APRILIANI/JAWA POS KEMBALI DITAHAN: Fitri diantar ke blok W dengan kursi roda. Dia baru saja melahirkan di RSUD Sidoarjo pada Minggu (18/2).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia