Jawa Pos

Mediasi Gagal, Lanjut Sidang

-

JAKARTA – Mediasi sengketa penetapan partai politik peserta pemilu yang diajukan PBB menemui jalan buntu. Komisi Pemilihan Umum (KPU) menolak opsi penyelesai­an yang diajukan penggugat dan tetap kukuh dengan hasil verifikasi yang tidak meloloskan PBB sebagai peserta pemilu.

’’Mediasi hari ini gagal,” terang Ketua Umum PBB Yusril Ihza Mahendra saat ditemui setelah pertemuan tertutup itu. Dalam pertemuan tersebut, dia mengusulka­n dua opsi. Pertama, verifikasi ulang di Kabupaten Manokwari Selatan yang dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS). Apa pun hasil verifikasi ulang, pihaknya akan menerima. Kedua, KPU Provinsi Papua Barat melakukan koreksi dan merujuk pada keputusan sebelumnya yang menyatakan PBB memenuhi syarat (MS). ”Tapi, dua usulan itu ditolak mentah-mentah oleh KPU,” terang dia.

Yusril mengatakan, berkali-kali pihaknya melakukan kompromi dan memberikan tawaran kepada KPU. Namun, KPU malah tidak memberikan penawaran apa-apa. PBB sebenarnya ingin menyelesai­kan persoalan itu dengan damai dan bermartaba­t melalui mediasi. Sebab, forum mediasi mempunyai dasar hukum yang jelas. Keputusan mediasi mengikat semua pihak. ”Kami sebenarnya tidak ingin melawan KPU. Kami ingin diselesaik­an secara damai,” papar dia.

Namun, lanjut pria asal Belitung itu, jika tidak ada jalan untuk kompromi, pihaknya siap melawan KPU di sidang Bawaslu maupun di Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN). Jika sudah berhadapan sebagai lawan, tidak ada kompromi lagi.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia