Jawa Pos

Underdog Menolak Pasrah

-

BALIKPAPAN – Status tuan rumah tidak cukup untuk menolong Persiba Balikpapan dalam laga pembuka grup B Piala Gubernur Kaltim (PGK) II/2018 di Stadion Batakan, sore nanti. Sebab, mereka menghadapi klub kuat Liga 1, Sriwijaya FC (siaran langsung MNCTV pukul 15.30 WIB).

Musim lalu, ketika Persiba bermain di Liga 1 dan masih memakai pemain asing, mereka selalu kalah ketika bertemu Sriwijaya FC. Tercatat, kali terakhir mereka tidak kalah oleh Sriwijaya adalah pada 6 Mei 2016. Ketika itu, bertindak sebagai tuan rumah, Persiba bisa menahan imbang Sriwijaya tanpa gol.

Nah, kali ini Persiba tanpa memakai pemain asing karena berfokus untuk persiapan Liga 2 yang secara regulasi hanya menggunaka­n pemain lokal. Bandingkan dengan Laskar Wong Kito –julukan Sriwijaya– yang memiliki empat pemain asing plus dua pemain naturalisa­si.

Meski dengan situasi tersebut, pelatih Persiba Wanderley Junior menolak menyerah. Mereka memang berstatus underdog, tapi bukan berarti mereka tidak memasang target tinggi. ’’Siapa yang bermain bagus, tentu akan menang. Pemain akan menunjukka­n permainan penuh motivasi,’’ ujar pelatih asal Brasil itu.

Di antara kontestan PGK II/2018, Persiba memang satu-satunya yang berasal dari kompetisi level kedua. Di grup B, selain Sriwijaya, mereka kudu bersaing dengan Madura United dan Persebaya Surabaya. Bagi Wanderley, hal tersebut justru memotivasi pasukannya.

’’Pemain lebih percaya diri. Sekarang materi kami berbeda. Jadi, kami tetap optimistis merebut poin,’’ tutur mantan pelatih Persipura Jayapura itu.

1-Barep Wahyudi (g); 87-Ikhfanul Alam, 19-Hery Susilo, 6-Sunni Hizbullah, 14-Fathul Rahman; 8-Bryan Caesar (c), 88-Yus Arfandi, 33-Yosef Marandof; 22-Siswanto, 11-Frengky Turnando, 25-Dimas Galih Wanderley Junior

12-Teja Paku Alam (g); 26-N’diaye, 23-Hamka Hamzah (c), 24-Ichsan Kurniawan, 32-Alvin Tuasalamon­y; 10-Makan Konate, 99-Adam Alis; 6-Yu Hyunkoo, 35-Zulfiandi, 11-Esteban Vizcarra; 9-Beto Goncalves Rahmad Darmawan

Batakan, Balikpapan MNCTV pukul 15.30 WIB

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia