Jawa Pos

Juara Bertahan Belum Memuaskan

-

SAMARINDA – Juara bertahan Piala Gubernur Kaltim (PGK) Borneo FC memang menang dalam laga pembuka kemarin. Melawan Mitra Kukar di Stadion Palaran, Samarinda, klub berjuluk Pesut Etam tersebut menang lewat adu penalti dengan skor 5-4 setelah imbang tanpa gol sepanjang 2 x 45 menit.

Bisa dibilang, kemenangan itu merupakan keberuntun­gan bagi Diego Michiels dkk. Sebab, di laga sore kemarin, Borneo banyak ditekan lawannya. Mitra Kukar yang tampil tanpa kekuatan terbaiknya seperti Danny Guthrie, Septian David, dan Luthfi Kamal justru bermain dengan baik.

Pelatih Borneo FC Iwan Setiawan mengakuiny­a. Dia menyatakan, anak asuhnya memang tampil kurang gereget, terutama pada babak pertama. Tidak pernah berhadapan dengan tim Liga 1 selama masa persiapan dan pemusatan latihan di Jogjakarta menjadi alasannya. ’’Jujur itu pertanding­an yang berat, kami kerja keras dalam hal adaptasi untuk pertanding­an tersebut. Alhamdulil­lah bisa menang,’’ katanya.

Ya, tim yang kemarin diturunkan Iwan memang sama sekali belum pernah bertanding dengan tim selevel. Selama tiga pekan pemusatan latihan di Jogja, uji tanding dilakukan hanya dengan tim-tim yang berada jauh di bawahnya. Di antaranya, UNY FC hingga tim Liga 2 Persika Karawang. Di Piala Presiden 2018 pun, yang turun adalah tim lapis dua alias cadangan.

Hal itu menjadi catatan bagi mantan arsitek Persebaya Surabaya musim lalu tersebut. Dia berharap anak asuhnya bisa memetik pelajaran berharga walaupun memang hasil kemarin sore memihak kepada timnya. ’’Saya juga memuji penampilan Nadeo (Argawinata/kiper). Penyelamat­an yang dilakukann­ya di saat penalti memberikan kemenangan bagi kami,’’ tuturnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia