Jawa Pos

Pengalihan Arus Lalin di Pusat Kota

-

SURABAYA – Warga Surabaya hari ini memiliki hajat besar. Pemkot kembali melangsung­kan agenda tahunan Mlaku-Mlaku Nang Tunjungan. Beberapa akses jalan ditutup selama acara berlangsun­g.

Jalan yang ditutup berada di kawasan Genteng dan Bubutan. Terutama di Jalan Tunjungan. Di jalan legendaris itu, masyarakat Surabaya diperkirak­an tumplek bleg untuk menghadiri acara tersebut. Rekayasa lalu lintas dibuat dishub supaya warga lain tidak terganggu selama acara berlangsun­g.

Lalu lintas yang terkena imbas penyelengg­araan acara itu bukan hanya dari utara menuju ke pusat kota. Arus dari selatan pun harus berubah selama acara berlangsun­g

J

Pengendara yang melaju dari Jalan Blauran atau Kranggan tidak diperboleh­kan menuju ke Jalan Praban. Akses tersebut akan ditutup sementara. Para pengendara dipersilak­an menuju ke Jalan Bubutan.

Jika ingin kembali menuju ke pusat kota, warga dipersilak­an mengambil jalan memutar. Misalnya, belok kiri menuju ke Jalan Kranggan (dari Blauran) atau lurus ke Jalan Bubutan, lalu mengambil kanan ke Jalan Penghela untuk menuju ke Jalan Pahlawan. ”Jalan Praban akan kami gunakan sebagai lokasi parkir yang menampung 500 unit kendaraan roda dua,” ujar Kabid Lantas Dishub Robben Rico.

Pengendara dari Jalan Pahlawan ke Gemblongan juga tidak diperkenan­kan melewati Jalan Tunjungan yang menjadi pusat acara. Arus lalu lintas akan diarahkan ke kiri. Yakni, menuju ke Jalan Genteng Kali. Hal serupa berlaku dari arah sebaliknya. Pengendara tidak diperboleh­kan belok kiri ke Jalan Tunjungan atau lurus ke Jalan Praban. ”Kecuali kendaraan tersebut memang mau parkir di Jalan Praban,” tambah Robben.

Sementara itu, arus dari Jalan Simpang Dukuh akan dialihkan ke kiri. Yakni, ke Jalan Gubernur Suryo. Kecuali tamu yang hendak menuju ke Hotel Majapahit. Mereka diperboleh­kan belok ke kanan dan melakukan contraflow atau melawan arus.Beberapa lahan parkir juga sudah disiapkan dishub untuk meningkatk­an kenyamanan pengunjung. Kantong parkir itu tersebar di beberapa lokasi. Di antaranya, di Jalan Praban, Gedung Siola, Genteng Kali, dan beberapa tempat lainnya (lihat grafis).

Acara tersebut dimulai pukul 18.00 hingga selesai. Namun, penutupan jalan berlangsun­g sejak pukul 00.00 tadi malam.

 ?? GHOUFUUR EKA/JAWA ?? TARIAN TENTANG PERJUANGAN XI ER
GHOUFUUR EKA/JAWA TARIAN TENTANG PERJUANGAN XI ER

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia