Jawa Pos

Tarian tentang Perjuangan Xi Er

Legenda Tiongkok dalam Pementasan Balet

-

SURABAYA – Cerita kehidupan tragis Xi Er, gadis Tionghoa, dan kekasihnya, Wang Dachun, dikemas dalam pementasan balet di Ciputra Hall Performing Arts Centre. Pertunjuka­n bertajuk The White Haired Girl itu disajikan 80 balerina dari Premiere School of Ballet. Pementasan dihelat hari ini pukul 19.00.

Atmosfer negeri Tiongkok di era Dinasti Qing menjadi daya tarik pementasan. Kisah yang diperankan Melisa Sugianto (Xi Er) dan Michael Wiradinata (Wang Dachun) merupakan legenda yang diambil dari kisah nyata. Tata panggung, alunan musik, pencahayaa­n, serta balutan busana tradisiona­l yang dikenakan para penari bak paket komplet. Kemarin (23/2) mereka melangsung­kan geladi resik.

The White Haired Girl berkisah tentang perempuan muda yang menjadi korban keganasan politik negara. Dia hanya salah seorang rakyat yang tidak beruntung. Dia dipaksa kerja rodi dengan bayaran sedikit sehingga harus hidup dalam kemiskinan.

Beruntung, salah seorang ketua budak, Zhang Ershen, mau menolongny­a untuk melarikan diri. Xi Er lari dan bersembuny­i di gua. Adapun Wang Dachun diceritaka­n telah pulang dari latihan perang. Dachun lantas menyelamat­kan Xi Er dari gua dan membawanya ke desa.

Aksi pemeran utama, Melisa dan Michael, yang menari berpasanga­n (pas de deux) menjadi bagian yang menarik. Gerakanger­akan berpasanga­n nan cantik seperti pirouette (berputar dengan satu kaki), fish dive, hingga pose klasik arabesque dihadirkan.

Tidak tanggung-tanggung, keduanya merupakan kawan yang sama-sama belajar balet sejak balita. Melisa merupakan balerina dengan gelar associate of the royal academy of dance (ARAD). ’’Gelar ini didapat balerina yang lulus advance 2. Biasanya, mereka sudah mendalami balet selama sekitar 15 tahun,’’ ucap perempuan kelahiran Semarang 1995 itu.

Alur cerita diterjemah­kan dalam gerak tarian yang energik dan gemulai. ’’Tentu ini sulit. Kami harus bisa mengganti dialog dengan gerak tubuh agar pesan dan cerita tersampaik­an,’’ kata principal Premiere School of Ballet sekaligus pengarah gerak Sylvi Panggawean.

Pertunjuka­n balet dihelat untuk memeriahka­n Tahun Baru Imlek 2018. Para balerina telah berlatih selama tiga bulan.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? SEPASANG KEKASIH: Tarian yang menampilka­n adegan Xi Er dan Wang Dachun yang diperankan oleh Melisa Sugianto dan Michael Wiradinata. Pertunjuka­n balet The White Haired Girl berlangsun­g hari ini.
GHOFUUR EKA/JAWA POS SEPASANG KEKASIH: Tarian yang menampilka­n adegan Xi Er dan Wang Dachun yang diperankan oleh Melisa Sugianto dan Michael Wiradinata. Pertunjuka­n balet The White Haired Girl berlangsun­g hari ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia