Jawa Pos

Air Mendadak Datang saat Warga Tidur

BPBD: Benjeng dan Cerme Waspada

-

GRESIK – Penduduk Kota Pudak mulai waspada terhadap ancaman banjir. Baik warga di wilayah Gresik Selatan, Gresik Utara, maupun perkotaan. Hujan deras. Debit Kali Lamong dan Bengawan Solo meningkat kemarin (23/2).

Di kawasan perkotaan, banjir sudah menggenang­i Desa Dahanrejo, Kecamatan Manyar. Puluhan rumah warga terendam air hingga 50 sentimeter. Air setinggi lutut orang dewasa menggenang­i Dusun Dahanrejo Lor, RT 3, RW 1.

Kariyadi, seorang warga, bercerita. Air mulai masuk rumahnya menjelang subuh. Waktu itu keluargany­a sudah tidur. Kariyadi kaget saat dibangunka­n tetanggany­a. Ternyata, banjir sudah mengepung rumahnya. ’’Saya bangunkan anakistri,’’ tutur lelaki 47 tahun itu.

Genangan air semakin tinggi saat pagi hingga kemarin siang. Jalan utama Desa Dahanrejo tergenang hingga selutut orang dewasa. Kaur Perencanaa­n Desa Dahanrejo Suyanto menyampaik­an, sedikitnya 70 rumah terendam. Tinggi air 20–50 sentimeter. ’’Hampir setiap tahun banjir. Saya kira ini yang terparah,’’ katanya.

Menurut Suyanto, pemicu utama banjir adalah hujan lebat Kamis malam sampai Jumat dini hari. Air dari berbagai tempat mandek di Dahanrejo. Peristiwa itu merupakan akibat dari buruknya sistem drainase. ’’Salurannya dangkal dan sempit,’’ ungkapnya.

Selain Desa Dahanrejo, banjir melanda areal Pasar Dukun. Akibatnya, para pedagang tidak bisa berjualan. Camat Dukun Arifin menyampaik­an, banjir dipicu tingginya curah hujan. Juga, sistem drainase dan saluran pembuangan yang tidak baik. ’’Ditambah lagi letak pasar di tempat rendah,’’ kata Arifin.

Dari Gresik Selatan, Badan Penanggula­ngan Bencana Daerah (BPBD) Gresik memantau perkembang­an debit Kali Lamong. Kemarin permukaan sungai meninggi. Air sudah tumpah ke jalan Desa Wot ansari, Kecamatan Balongpang­gang.

BPBD mencatat sudah ada tiga wilayah perkampung­an yang terdampak. Rata-rata jalan poros desa terendam air setinggi betis orang dewasa. Tujuh rumah juga mulai tergenang. ’’Kami minta warga Benjeng dan Cerme waspada dan siaga,’ tegas Kepala BPBD Gresik Abu Hasan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia