Jawa Pos

Ribuan Siswa Bersih-Bersih Pasar Loak

-

SURABAYA – Iringan lagu Rek Ayo Rek terdengar keras di halaman SMP Negeri 42 Surabaya kemarin pagi (23/2). Beberapa siswa pun menyanyika­n lagu tersebut dengan sedikit diplesetka­n. ’’Rek ayo rek, bersih-bersih Pasar Loak,’’ ujar Satrio Bayu, siswa kelas VIII G.

Hari itu, lebih dari seribu siswa dan guru SMPN 42 menggelar aksi bersihbers­ih sampah besar-besaran. Tak hanya halaman sekolah, Jalan Dupak Rukun samping jalur tol jadi sasaran. Mereka keluar dan memungut sampah sambil membawa poster-poster ajakan kebersihan di jalan yang menjadi akses masuk sekolah tersebut.

’’Di sekolah kami memang biasa kerja bakti saat Jumat. Tapi, kali ini kami adakan aksi besar-besaran karena memperinga­ti Hari Sampah Nasional,’’ ucap Kepala SMPN 42 Achmad Biblawi.

Dia sengaja mengajar semua siswanya untuk keluar ke lingkungan sekitar sekolah. Mereka diminta bersih-bersih sampah di sekitar jalan dan memberikan masker kepada pedagang Pasar Loak dan pengendara sepeda motor. Semua dilakukan agar masyarakat lebih sadar terhadap kebersihan dan ketertiban jalan.

Selama ini, jalan menuju sekolah tersebut memang terkenal kumuh dan macet. Hal tersebut disebabkan ada ratusan lapak barang bekas yang memenuhi dua sisi jalan. Alhasil, setiap pukul 06.00–08.00, jalanan itu macet bukan main. ’’Banyak anak yang telat. Alasannya, karena macet. Mereka harus rebutan jalan dengan penjual Pasar Loak yang mengisi jalan dengan dagangan,’’ ungkapnya.

Dia berharap, dengan adanya aksi tersebut, pedagang bisa lebih sadar menata lingkungan. Sebab, dia sedang mempersiap­kan sekolah untuk memenangka­n penghargaa­n adiwiyata tahun ini.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BERSEMANGA­T: Anak-anak tetap membersihk­an area Pasar Loak meski sebagian pedagang dan warga hanya memandangi mereka.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS BERSEMANGA­T: Anak-anak tetap membersihk­an area Pasar Loak meski sebagian pedagang dan warga hanya memandangi mereka.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia