Jawa Pos

Main Gamelan Bareng Siswa Busan

-

SURABAYA – Pergelaran gamelan di Aula SMPN 3 kemarin (23/2) tampak berbeda. Kolaborasi siswa SMPN 3 dan Heayeon Middle School menjadi sajian yang menarik. Meski baru pertama bermain, 12 siswa asal Busan, Korea Selatan, itu bisa mempelajar­i gamelan dengan cepat.

Gerakan tangan siswa asing tersebut cukup gemulai memainkan beberapa instrumen gamelan. Sambil memperhati­kan arahan, mereka bersemanga­t untuk terus mencoba. Irama menjadi lebih teratur setelah satu jam berlatih. ’’Bagus sekali. Ini baru pertama coba,’’ ujar Kim Jae-yong. Dia menceritak­an baru kali pertama ke Indonesia. Juga, perdana memainkan gamelan. ’’Seru. Saya banyak belajar,’’ ungkapnya.

Tiga siswa asal Kota Busan itu juga bernyanyi dua lagu daerah. Yakni, Sluku-Sluku Bathok dan Suwe Ora Jamu. Mereka adalah Kim Jiy-i, Lee Juh-yung, dan Lee Ean-seo. ’’Cukup susah belajar lagunya. Tapi seru. Banyak dibantu,’’ kata Jiy-i. Dia butuh waktu dua jam untuk menghafalk­an lagu-lagu tersebut.

Penampilan kolaborasi gamelan itu menjadi perpisahan mereka sebelum kembali ke Busan. Mereka tinggal di Surabaya selama dua pekan. Berbagai macam kegiatan telah diikuti selama di Surabaya. Tidak hanya bertukar budaya dengan SMPN 3, mereka juga meluangkan waktu untuk jalanjalan mengelilin­gi Kota Pahlawan. Ikon-ikon tempat wisata Surabaya telah dikunjungi. Di antaranya, Tugu Pahlawan, Museum House of Sampoerna, dan balai kota.

Kepala SMPN 3 Budi Hartono menjelaska­n, kegiatan tersebut merupakan serangkaia­n program sister city Surabaya dan Busan.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? HARMONISAS­I: Jeong Sunyoen memainkan salah satu instrumen gamelan bersama siswa SMPN 3 kemarin.
DIPTA WAHYU/JAWA POS HARMONISAS­I: Jeong Sunyoen memainkan salah satu instrumen gamelan bersama siswa SMPN 3 kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia