Jawa Pos

Penyerahan Fasum ke Pemkab Tidak Sulit

-

SEBETULNYA, kasus jalan perumahan yang rusak tidak hanya di Perumahan Delta Sari Indah. Banyak perumahan lain yang mengalami nasib serupa. Pengembang perumahan terkesan lempar tanggung jawab. Padahal, sesuai ketentuan, sebelum fasum jalan itu diserahkan ke pemkab, kewenangan perbaikan berada di pihak pengembang.

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Pemkab Sidoarjo Sigit Setyawan, mulai tahun lalu penyerahan fasum itu dialihkan ke instansiny­a. Sebelumnya, penyerahan tersebut melalui badan perencanaa­n pembanguna­n daerah (bappeda). Dia menyatakan, tahap penyerahan fasum sebenarnya sangat gampang. Pihak pengembang tinggal mengajukan surat penyerahan kepada bupati.

Surat tersebut, lanjut Sigit, akan ditembuska­n ke dinas PUPR. Selanjutny­a, tim akan meneliti kelengkapa­n administra­si. Setelah itu, tim turun ke lapangan. ”Tujuannya, melihat penempatan fasum dan kondisi fasum,” ujarnya.

Bagi perumahan yang sudah ditinggal pengembang, pemkab memiliki mekanisme lain. Yakni, pengambila­lihan fasum. ”Selain itu, ada desakan dari warga setempat,” ucapnya.

Sigit menegaskan, selama ini pemkab tidak mempersuli­t proses penyerahan fasum. Malah sebaliknya, pemkab mendorong pihak perumahan segera menyerahka­n fasum sesuai ketentuan yang ada. Serah terima itu bertujuan untuk memberikan kejelasan status pertanggun­gjawaban.

Oktober 2014 4 Desember 2017 5 Februari 2018 6 Februari 2018

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? MEMBAHAYAK­AN: Jalan utama di Perumahan Delta Sari Indah rusak sangat parah. Kondisi itu membuat ibu-ibu berunjuk rasa menuntut pertanggun­gjawaban pengembang.
BOY SLAMET/JAWA POS MEMBAHAYAK­AN: Jalan utama di Perumahan Delta Sari Indah rusak sangat parah. Kondisi itu membuat ibu-ibu berunjuk rasa menuntut pertanggun­gjawaban pengembang.
 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? DEMI JALAN: Selain membawa peralatan dapur, dalam aksinya kemarin (23/2) puluhan ibu membentang­kan poster bernada protes keras.
BOY SLAMET/JAWA POS DEMI JALAN: Selain membawa peralatan dapur, dalam aksinya kemarin (23/2) puluhan ibu membentang­kan poster bernada protes keras.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia