Jawa Pos

Parkir di Trotoar, Motor Langsung Diangkut

-

SIDOARJO – Sterilisas­i Jalan Gajah Mada dari parkir dan PKL di trotoar masih berjalan. Minggu depan dinas perhubunga­n (dishub) dan satpol PP menggelar aksi gabungan. Kendaraan dan pedagang yang tetap melanggar aturan akan ditindak.

Kepala UPT Parkir Dishub Fery Prasetyo menuturkan, penjagaan di Jalan Gajah Mada berlangsun­g selama seminggu. Pada tahap awal ini, pemkab masih memberikan toleransi. Petugas dishub langsung mengarahka­n warga untuk tidak parkir di trotoar.

Nah, minggu depan, masa toleransi itu pun berakhir. Dishub dan satpol PP akan menggelar penertiban. Sepeda motor yang parkir di trotoar langsung diangkut. Setelah itu, pihak kepolisian bakal menilang. Pedagang yang nekat membuka lapak ditindak. ”Penertiban untuk memberikan efek jera,” tegasnya.

Setelah penertiban, penjagaan di jalan Gajah Mada terus dilakukan. Cara itu dilakukan sembari menunggu tahapan berikutnya. Fery menuturkan, dishub sudah merancang sejumlah rencana di jalur arteri primer tersebut.

Pertama, memasang pagar pembatas di ruas sebelah barat dan timur. Pagar berukuran setengah meter tersebut bakal dipasang berderet memanjang. Dari ujung jalan di Sungai Bok Legi sampai Jalan Majapahit. ”Pagar itu untuk menghalau kendaraan yang parkir di trotoar dan PKL,” ucapnya.

Pembuatan pagar itu akan diajukan pada perubahan anggaran keuangan (PAK). Sebab, saat ini pemasangan pembatas jalan dan trotoar tersebut belum dianggarka­n. ”Akhir tahun sudah terpasang,” tandas Fery.

Solusi yang kedua adalah mencari titik parkir. Saat ini dishub melakukan pemetaan di Jalan Gajah Mada. Dari penelusura­n itu, terdapat tiga toko yang tidak digunakan. Rencananya, toko tersebut dibuat kantong parkir sementara.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? AKAN DITATA: Kondisi Jalan Gajah Mada yang semrawut dan macet karena banyak motor dan mobil yang parkir di bahu jalan.
BOY SLAMET/JAWA POS AKAN DITATA: Kondisi Jalan Gajah Mada yang semrawut dan macet karena banyak motor dan mobil yang parkir di bahu jalan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia