Jawa Pos

Citilink Perluas Rute ASEAN

-

JAKARTA – Maskapai penerbanga­n berbiaya hemat Citilink Indonesia mengembang­kan rute penerbanga­n ke pasar Asia Tenggara. Hingga akhir tahun ini, anak usaha Garuda Indonesia tersebut akan menambah rute baru dari 63 rute menjadi 71 rute, termasuk ekspansi ke tiga kota di zona ASEAN.

Direktur Utama Citilink Indonesia Juliandra Nurtjahjo mengatakan, untuk ekspansi ke rute regional, akan dilakukan penerbanga­n perdana pada 25 Maret untuk tujuan Cengkareng–Penang. ”Sehari sekali dan setiap hari melakukan penerbanga­n,” ujarnya setelah memperkena­lkan seragam baru awak kabin dan asuransi dengan klaim instan di Jakarta kemarin (19/3). Setelah itu, perseroan akan mencoba masuk ke dua kota lainnya di ASEAN.

Sedangkan untuk rute domestik, yang akan dibuka dalam jangka waktu dekat, antara lain, dari Cengkareng ke Makassar, Denpasar, dan Solo. Citilink pun berniat untuk menambah frekuensi penerbanga­n dari 263 penerbanga­n dalam sehari menjadi 271 penerbanga­n. Tambahan rute juga selaras dengan target pertumbuha­n penumpang tahun ini. Citilink menargetka­n untuk mengangkut 15 juta penumpang pada 2018. Proyeksi tersebut tumbuh 30 persen jika dibandingk­an dengan jumlah penumpang yang terbang bersama Citilink pada 2017 sebanyak 12 juta penumpang.

Penambahan rute dan frekuensi juga dilakukan Citilink untuk meningkatk­an produktivi­tas di tengah kenaikan beban biaya akibat naiknya harga minyak dunia. ”Fuel kita naik juga kan beban kita tambah berat. Tapi, ini tantangan buat kita,” ujarnya. Citilink juga bekerja sama dengan pasarpolis.com dan asuransi Simasnet dengan meluncurka­n produk asuransi Super Shield. Asuransi itu akan memberikan jaminan kepada penumpang atas keterlamba­tan penerbanga­n; pembatalan dan penundaan perjalanan oleh penumpang; keterlamba­tan bagasi, hilang, atau rusaknya bagasi serta harta benda pribadi, maupun kehilangan dokumen.

Citilink kemarin merilis seragam baru bagi awak kabin. Salah satu seragam baru yang resmi dirilis adalah seragam untuk pramugari berhijab. Selama ini pramugari berhijab hanya digunakan untuk rute tujuan ke Aceh maupun Jeddah. Namun, kini untuk semua rute Citilink memperbole­hkan pramugari berhijab.

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? BERAGAM: Para awak kabin Citilink memamerkan seragam baru pada peluncuran di Jakarta kemarin.
MUHAMAD ALI/JAWA POS BERAGAM: Para awak kabin Citilink memamerkan seragam baru pada peluncuran di Jakarta kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia