Jawa Pos

Kirim Jago Sepak Bola ke Inggris

-

SURABAYA – Hubungan sister city antara Surabaya dan Liverpool semakin erat. Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i menandatan­gani memorandum of understand­ing (MoU) sister city bersama Wali Kota Liverpool Joe Anderson di balai kota kemarin (19/3).

Risma mengatakan, kerja sama dilakukan di berbagai bidang, khususnya pada pembanguna­n manusia. Salah satu yang akan dilakukan adalah membentuk tim khusus. Tim itu akan bekerja sama dengan tim yang diketuai langsung oleh Wakil Wali Kota Liverpool Gary Millar. ”Nanti Pak Sekda yang mengetuai tim pemkot,” ucap Risma.

Tim khusus tersebut diisi bermacam tim pendukung. Ada tim kesehatan yang menangani permasalah­an pada anak autis. ”Nanti kita lihat dulu tim kesehatan kita yang ke sana atau dari Liverpool yang ke sini,” ujarnya

Selain itu, Risma memberikan perhatian pada anak-anak difabel. Mereka berhak mendapatka­n kebahagiaa­n sama dengan manusia normal. Nanti pemkot bekerja sama dengan universita­s di Liverpool. Risma juga memberikan kesempatan kepada anak-anak Surabaya yang memiliki kemampuan terbaik di sepak bola. Anakanak tersebut akan dikirim ke Inggris untuk berlatih bola. Tidak harus di Liverpool. Nanti dipilihkan klub latihan yang pas.

Suasana akrab terasa sekali terbangun. Di sela acara, Risma berdiri menuju samping panggung. Dia kemudian menyanyika­n lagu Yesterday milik The Beatles. Millar spontan mendamping­i Risma untuk berduet.

Anderson dan Millar tiba di Surabaya pada Minggu siang (18/3). Istirahat sejenak, malamnya mereka mendatangi salah satu spot tersohor Surabaya, Jalan Tunjungan. Anderson berniat bertemu Risma. Namun, karena ada acara lain, Risma tidak bisa hadir.

Ada berbagai macam atraksi yang sudah disiapkan. Mulai lantunan merdu sinden, aksi para pemain barongsai dan naga, reog Ponorogo, hingga musik patrol. Pentas kesenian tersebut diadakan di kiri-kanan trotoar jalan.

Perjalanan itu diakhiri dengan berfoto bersama di depan Hotel Majapahit. Dia dan rombongan berfoto dengan beberapa komunitas fotografer yang turut hadir saat itu. ’’Terima kasih. Sampai bertemu lagi,’’ ucapnya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? NIKMATI JALAN KAKI: Wali Kota Liverpool Joe Anderson bersama rombongan diajak berfoto bersama di depan Hotel Majapahit pada Minggu malam (18/3).
DIPTA WAHYU/JAWA POS NIKMATI JALAN KAKI: Wali Kota Liverpool Joe Anderson bersama rombongan diajak berfoto bersama di depan Hotel Majapahit pada Minggu malam (18/3).
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? SISTER CITY: Wali Kota Tri Rismaharin­i menyerahka­n karikatur gambar Anderson dalam acara penandatan­ganan MoU di Balai Kota Surabaya kemarin (19/3).
HANUNG HAMBARA/JAWA POS SISTER CITY: Wali Kota Tri Rismaharin­i menyerahka­n karikatur gambar Anderson dalam acara penandatan­ganan MoU di Balai Kota Surabaya kemarin (19/3).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia