Jawa Pos

Mental Singo Edan Payah

-

MALANG – Sial benar Arema FC. Kemenangan yang sudah di depan mata akhirnya buyar. Singo Edan –julukan Arema– masih unggul atas Mitra Kukar ketika pertanding­an di Stadion Kanjuruhan, Malang, kemarin tersisa dua menit. Tapi, gol sundulan Fernando Rodriguez pada menit ke-88 memaksa laga berakhir imbang 2-2.

Sebelumnya, Rodriguez juga berhasil mencetak gol pertama

Mitra Kukar pada menit ke-80. Dua gol tim tamu itu membuat keunggulan

Arema sejak babak pertama menjadi sia-sia. Tuan rumah membuka gol lewat tendangan bebas apik Balsa Bozovic pada menit ke-8. Sebelas menit berselang, giliran free kick Saiful Indra Cahya yang mengoyak gawang Mitra Kukar.

Setelah pertanding­an, pelatih Arema Joko Susilo tidak bisa menutupi rasa kecewa. ”Sebenarnya hal ini merupakan permasalah­an klasik,” katanya.

Menurut pria yang akrab disapa Gethuk itu, permasalah­an klasik tersebut adalah mental. Meski fisik para pemain Arema sebenarnya mumpuni, mental mereka belum teruji. Hal itulah yang menjadi kelemahan skuad Arema sekarang. ”Pemain kami tidak bisa bermain lepas, padahal telah unggul dua gol,” ujarnya.

Gethuk melihat pemainnya belum bisa rileks karena tekanan laga perdana plus bermain di kandang. ”Sebenarnya saya sudah bicara hal ini saat jeda babak pertama. Tapi, sepertinya itu tidak berjalan dengan baik,” ungkap pelatih pemegang lisensi A kepelatiha­n dari AFC itu.

Dia sejatinya sudah menyadari masalah mental tersebut sejak (Boaz Salossa 27’, Ronaldo Wanma 75’/ Sugeng Efendi 60’) (Balsa Bozovic 7’, Saiful Indra Cahya 19’/ Fernando Rodriguez 80’ 88’) (Stefano Lilipaly 56’) dimulainya kompetisi. Gethuk pun meyakini masalah itu sudah selesai. ”Tapi ternyata belum,” terangnya. Pada sesi press conference setelah pertanding­an, dia tidak ingin mengomenta­ri lebih jauh kekurangan timnya. ”Kami tahu, tapi tidak bisa disampaika­n. Yang pasti, masalah mental tersebut harus diperbaiki,” katanya.

Sementara itu, pelatih Mitra Kukar Rafael Berges Martin bersyukur atas raihan timnya. ”Pemain saya bermain bagus selama 90 menit di atas lapangan,” katanya.

vs Persela

Arema FC vs Mitra Kukar

vs PSMS

1. Persipura 2. Bali United 3. Arema FC 4. Mitra Kukar 5. Bhayangkar­a FC 6. Persija 7. Borneo FC 8. Madura United 9. Persebaya 10. Perseru 11. Persib 12. Barito Putera 13. PS Tira 14. PSIS 15. PSM 16. Sriwijaya FC 17. Persela 18. PSMS

 ??  ??
 ?? DARMONO/JAWA POS RADAR MALANG ?? SAMA KUAT: Gelandang Arema FC Balsa Bozovic (kiri) menghindar­i tekling pemain Mitra Kukar Rendy Siregar di Stadion Kanjuruhan, Malang, kemarin.
DARMONO/JAWA POS RADAR MALANG SAMA KUAT: Gelandang Arema FC Balsa Bozovic (kiri) menghindar­i tekling pemain Mitra Kukar Rendy Siregar di Stadion Kanjuruhan, Malang, kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia