Jawa Pos

Lucas Berjiwa Les Bleus

-

SEMPAT menolak panggilan memperkuat timnas Prancis. Sempat pula mendapat tawaran membela timnas Spanyol langsung dari Julen Lopetegui, entrenador-nya. Dan, kemarin WIB (24/3) Lucas Hernandez menahbiska­n dirinya benar-benar berjiwa Les Bleus. Itu terjadi setelah Lucas mencatat caps pertamanya di timnas senior Prancis.

Lucas mencatatka­n debutnya sebagai pengganti pada laga melawan Kolombia. Dia masuk sebagai pengganti pada menit ke-76 setelah Lucas Digne ditarik karena cedera. Saat dia masuk, kedudukan masih 2-2. ’’Bangga dengan jersey biru ini,’’ ungkap bek kiri 22 tahun itu dilansir Besoccer.

Nah, dengan caps pertamanya tersebut, tak ada lagi peluang Lopetegui menggoda Lucas agar bergabung bersama La Furia Roja. Regulasi FIFA menyebutka­n, pemain yang sudah mencatatka­n caps pertama di timnas level senior tak bisa membela negara mana pun.

Lucas sebenarnya bukan wajah baru di timnas Prancis. Kakak kandung bek Real Madrid Theo Hernandez itu pernah membela Prancis di kelompok usia. Dia pernah mencatat sembilan caps di timnas Prancis U-21. Jiwa Prancis sudah terlihat dari kota di mana Lucas dan Theo lahir. Keduanya lahir di Marseille.

Kans Lucas untuk main reguler di timnas Prancis atau Spanyol sebenarnya fifty-fifty. Di Spanyol, Lucas bisa menjadi solusi Lopetegui ketika Jordi Alba absen. Selama ini, spot di kiri pertahanan Spanyol jadi milik Alba. Usia Alba sudah 29 tahun. Berbeda dengan kansnya memperebut­kan spot di sisi kiri Prancis.

Benjamin Mendy dan Layvin Kurzawa jadi dua bek yang memanaskan persaingan lawan Lucas di bek kiri Prancis. Itu belum termasuk Digne. Hanya, dalam dua kali laga uji coba bulan ini, hanya Lucas stok bek kiri yang tersedia. Mendy dan Kurzawa tak dipanggil. Lawan Rusia di St Petersburg nanti (27/3), Lucas berpeluang main starter. center back

UPAYA timnas Prancis dalam melakukan peremajaan di sektor pertahanan belum membuahkan hasil. Kolaborasi muda Samuel Umtiti dengan Raphael Varane justru lebih sering kebobolan. Berikut performa duet Prancis.

center back

Usia Jumlah main Per laga

 ?? FRANCOIS MORI/AP PHOTO ?? PILIH PRANCIS: Lucas Hernandez (kanan) meringis kesakitan setelah dilanggar bek Kolombia Santiago Arias.
FRANCOIS MORI/AP PHOTO PILIH PRANCIS: Lucas Hernandez (kanan) meringis kesakitan setelah dilanggar bek Kolombia Santiago Arias.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia