Jawa Pos

Tunda Uji Rute Suroboyo Bus

Dishub Masih Tunggu Kesiapan Sopir

-

SURABAYA – Armada Suroboyo Bus ditargetka­n beroperasi pada April. Sebelumnya, mereka harus diujicobak­an lagi di rute yang sudah disiapkan pemkot. Namun, uji coba rute belum dilaksanak­an hingga hari ini. Dinas perhubunga­n masih menunggu kesiapan sopir.

Setidaknya, ada 27 sopir yang siap mengoperas­ikan moda transporta­si anyar di Surabaya itu. Mereka sudah diseleksi melalui rekrutmen dan menjalani tes psikologi awal minggu lalu.

Kabid Angkutan Dishub Surabaya Tundjung Iswandaru menjelaska­n bahwa saat ini mereka masih mengikuti pemantapan sebelum benar-benar duduk di belakang bangku kemudi Suroboyo Bus.

Karena itulah, uji rute belum bisa dilaksanak­an. Awalnya, uji rute direncanak­an berlangsun­g pekan lalu sebelum pengemudi bus selesai diseleksi. Namun, pertimbang­annya, calon pengemudi tersebut juga harus mengikuti uji rute untuk memahami medan jalan yang bakal dilewati bus nanti. Agar uji rute tidak dilakukan dua kali, agenda tersebut diundur.

Suroboyo Bus akan melayani rute Terminal Purabaya–Jembatan Merah PP. Di sepanjang rute itu, bakal ada 49 halte yang disediakan dishub. Untuk sementara, beberapa halte yang belum terbangun akan dipasangi plang pemberhent­ian bus atau bus stop hingga pembanguna­n halte selesai.

Uji rute diperlukan untuk memastikan bus tersebut bisa melewati ruas-ruas jalan Surabaya. Sebab, ada beberapa titik yang ruas jalannya cukup sempit seperti Jalan Wonokromo yang belum dibangun sambungan frontage road. Ada pula jalan dengan ketinggian yang cukup curam. Padahal, bodi bus cukup pendek dan rawan terkena aspal jalan yang tinggi.

Sementara itu, uji rute pun akan digelar pada malam hari. ’’Rencana malam waktu sepi,’’ jelas Kepala Dishub Surabaya Irvan Wahyudraja­d. Karena bus tersebut terbilang besar, dikhawatir­kan malah akan menambah antrean kendaraan ketika diujicobak­an pada siang hari atau jamjam sibuk.

Suroboyo Bus diluncurka­n sejak November 2017. Saat itu delapan armada bus disiapkan untuk melayani rute di kawasan timur Surabaya. Bus sempat diujicobak­an di kawasan Jembatan Suroboyo. Namun, untuk menjangkau lebih banyak warga, rutenya kemudian dipindah ke tengah kota, yakni Purabaya hingga Jalan Rajawali.

Bus tersebut awalnya dioperasik­an pada Maret, tetapi masih terkendala perda yang belum dibuat. Perda itu bakal mengatur tentang retribusi bus. Meski bakal dioperasik­an secepatnya, belum ada tanda-tanda perda tersebut disahkan dalam waktu dekat.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? MASIH MENUNGGU: Suroboyo Bus sedang diuji coba di Jembatan Suroboyo.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS MASIH MENUNGGU: Suroboyo Bus sedang diuji coba di Jembatan Suroboyo.
 ?? WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS ?? TERTANGKAP BASAH: Tim yustisi sampah DKRTH mencegat warga yang akan membuang sampah di Jalan Kapas Madya.
WAHYU ZANUAR BUSTOMI/JAWA POS TERTANGKAP BASAH: Tim yustisi sampah DKRTH mencegat warga yang akan membuang sampah di Jalan Kapas Madya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia